Lebaran Makin Mudah, Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Akhir Mei 2023

Lebaran Makin Mudah, Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Akhir Mei 2023
Lebaran Makin Mudah, Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Akhir Mei 2023(hubdat.dephub.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Lebaran Makin Mudah, Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Akhir Mei 2023,dengan meningkatnya mobilitas di daerah Sumedang ini sangat membantu sekali dengan adanya Jalan Tol Cisumdawu.

Tol Cisumdawu akan berlaku fungsional saat lebaran dan beroperasi penuh akhir Mei 2023. Jalan tol yang menghubungkan antara Kota Cileunyi di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang ini merupakan proyek strategis nasional dan diharapkan dapat mempermudah mobilitas masyarakat serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat.

Tol Cisumdawu sendiri memiliki panjang sekitar 61,84 kilometer dengan enam lajur dan dua terowongan, yakni terowongan Cisarua dan terowongan Cisomang. Jalan tol ini akan menjadi alternatif bagi pengguna jalan dari Jakarta ke arah timur, khususnya menuju Sumedang, Majalengka, Cirebon, dan sekitarnya.

Baca Juga:Pemprov Jabar Siapkan 12 Ribu Lebih Tiket Mudik GratisWarga Serbu Bazaar Ramadan bank bjb 1444H di Gedung Sate

Selain itu, tol Cisumdawu juga akan menjadi penghubung antara Tol Jakarta-Cikampek, Tol Cikopo-Palimanan, dan Tol Trans Jawa yang membentang dari Merak hingga Probolinggo. Dengan begitu, jalan tol ini diharapkan dapat mempercepat waktu tempuh dan mengurangi kepadatan lalu lintas di ruas jalan arteri utama.

Terkait dengan waktu pelaksanaannya, pembangunan tol Cisumdawu sempat mengalami beberapa kendala, mulai dari masalah pembebasan lahan hingga terkendala pandemi Covid-19. Namun demikian, Pemerintah dan PT Jasa Marga Tbk selaku pelaksana proyek terus berupaya agar jalan tol ini dapat segera rampung dan beroperasi secara penuh.

Dengan adanya tol Cisumdawu yang segera beroperasi, diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan perekonomian di wilayah Jawa Barat. Pengguna jalan akan mendapatkan akses yang lebih mudah, nyaman, dan aman untuk melakukan perjalanan. Selain itu, akan terjadi peningkatan mobilitas barang dan jasa yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di sekitar wilayah yang dilalui oleh jalan tol ini.

Meskipun demikian, diharapkan agar pengguna jalan tetap memperhatikan keselamatan dalam berkendara dan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Sehingga, fasilitas jalan tol ini dapat dimanfaatkan secara optimal dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat dan perekonomian di wilayah Jawa Barat.

0 Komentar