Bacaan Takbir Lebaran Lengkap Beserta Artinya

Bacaan Takbir Lebaran
Ilustrasi Takbiran/Pinterest
0 Komentar

sumedangekspres – Bacaan Takbir Lebaran adalah serangkaian kalimat yang dibaca oleh umat Muslim pada hari raya Idul Fitri.

Takbiran merupakan ungkapan syukur dan kegembiraan atas selesainya bulan Ramadan yang penuh dengan ibadah, puasa, dan amal shaleh. Selain itu, Takbiran juga menjadi simbol kemenangan dan kebesaran Allah SWT atas segala sesuatu.

Bacaan takbiran “Allahu Akbar” atau Allah Maha Besar mengandung makna bahwa Allah SWT adalah Yang Maha Besar dan Tiada yang sebesar-Nya.

Baca Juga:Ide Outfit Kondangan dengan Rok LilitOOTD kondangan yang Simpel dan Elegan

Takbiran juga menyiratkan kesatuan dan persatuan umat Islam yang merayakan Idul Fitri dengan membaca takbir bersama-sama di masjid atau lapangan terbuka.

Takbiran juga mengajarkan umat Islam untuk selalu bersyukur dan memuji Allah SWT atas nikmat dan karunia yang telah diberikan.

Selain itu, Takbiran juga menjadi momen untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama umat Islam dan saling memaafkan satu sama lain.

Dalam esensi, Takbiran merupakan ungkapan kebahagiaan, syukur, kemenangan, dan persatuan umat Islam dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri yang merupakan hari kemenangan setelah berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan.

Berikut adalah bacaan Takbir Lebaran yang umum dibaca:

“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Laa ilaaha illa Allah. Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillaahil hamd.”

Artinya:
“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tidak ada Tuhan selain Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi Allah.”

Takbir Lebaran biasanya dibaca pada pagi hari sebelum shalat Idul Fitri dan bisa dilakukan mulai dari tanggal 1 Syawal hingga akhir hari tasyriq (tanggal 13 Syawal).

Baca Juga:Bagi Pria yang Gak Sempet Beli Baju Lebaran, Yuk Pakai Outfit Ini!10 Ide Ucapan Lebaran 2023 untuk Keluarga dan Bestie

Selain itu, Takbir Lebaran juga bisa dibaca secara pribadi sebagai bentuk syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

0 Komentar