Misteri Dibalik Angka Tujuh Dengan Garis Tengah

Misteri Dibalik Angka Tujuh Dengan Garis Tengah
Misteri Dibalik Angka Tujuh Dengan Garis Tengah (Istimewa/KASKUS)
0 Komentar

sumedangekspres – Misteri Dibalik Angka Tujuh Dengan Garis Tengah. Berbicara tentang angka siapapun pasti mengenal urutan bilangan dari 1 sampai 10. Ya salah satu diantaranya dalah angka 7. Namun pernahkah kamu melihat angkat tujuh dengan garis ditengahnya? Kira-kira kenapa ya bisa seperti itu?

Kali ini akan dibahas asal usul angka tujuh yang diberi garis tengah, yuk simak penjelasannya!

Bilangan India

Tahukah kamu kalau angka-angka yang sudah dipakai oleh masyarakat sekarang merupakan angka yang berasal dari India?

Baca Juga:Manfaat Jika Kamu Memilih GapYearKegiatan Positif Untuk Kamu yang Memilih GapYear

Secara tidak langsung, India mempunyai andil penting dalam evolusi angka yang nantinya disebarluaskan oleh negara Timur Tengah.

Bingung ya? Jadi gini, awal mulanya Babylonia dan Maya membentuk sistem bilangan yang masih sangat rumit dan kurang efisien. Ditambah belum terbentuknya bilangan nol (0) dalam sistem bilangan mereka.

Maka dari itu, India membuat sendiri bilangan atau notasi khusus pada masing-masing bilangan satu sampai sembilan. Awalnya, bilangan India belum sempurna karena masih menggunakan tanda tertentu (tanda kha) di antara bilangan lain untuk menuliskan bilangan nol.

Contohnya seperti 304, di antara bilangan 3 dan empat disisipkan sebuah tanda kha untuk membedakan bilangan puluhan (34) dengan bilangan ratusan (304).

Tanda Kha berarti kosong atau lubang. Biasanya dilambangkan dengan menggambar titik atau lingkaran di tengah-tengah atas bilangan satu sampai sembilan.

Seiring berjalannya waktu, tanda kha berevolusi menjadi bilangan nol (0) yang kita gunakan sekarang. Sekiranya catatan pertama penggunaan bilangan nol muncul dan digunakan sekitar abad ke 9 di sebuah prasasti.

Tertulis dalam sebuah prasasti bahwa orang-orang India membuat taman berukuran 187×570 hasta, taman tersebut dapat menghasilkan bunga yang dapat dirangkai sampai 50 karangan bunga untuk dipersembahkan ke kuil-kuil terdekat.

Baca Juga:Gagal SNBT? Pilih Ujian Mandiri Atau GapYearIntip Gaya MakeUp Yoo In Na Pemain Drakor Bora! Deborah

Uniknya, penulisan bilangan tersebut sangatlah mirip dengan penulisan bilangan sekarang, namun yang membedakan hanya bilangan nol yang ditulis lebih kecil dan lebih tinggi daripada bilangan lainnya.

Adopsi Bilangan India Misteri Dibalik Angka Tujuh

0 Komentar