Prospek Kerja Lulusan STMKG Jadi ASN di BMKG

Prospek Kerja Lulusan STMKG Jadi ASN di BMKG
Prospek Kerja Lulusan STMKG Jadi ASN di BMKG (Istimewa/Afterschool)
0 Komentar

sumedangekspres – Prospek Kerja Lulusan STMKG Jadi ASN di BMKG. Menjadi salah satu alumni dari STMKG adalah hal yang sangat membanggakan lho. Karena lulusan STMKG akan langsung bekerja dan menjadi ASN di BMKG (Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika).

Tentu saja mereka yang bekerja di BMKG sudah sangat terjamin karir dan masa depannya. Lalu apa saja sih prospek kerja lulusan STMKG itu? Yuk simak berikut ini ya.

Profesi Pengamat Meteorologi dan Geofisika bertugas dalam melakukan pengamatan meteorologi, klimatologi, kualitas udara, geofisika, gempa bumi, gravitasi, tanda waktu, iklim, listrik udara hingga mengamati gerhana atau rukyat. Selain mengamati, PMG juga bertugas dalam melakukan analisis dan penyajian data hasil pengamatan pada website atau media lainnya agar dapat diakses masyarakat.

Baca Juga:Jurusan Jadwal Daftar dan Syarat Masuk STMKG 2023Mengenal Sejarah STMKG Sekolah Tinggi Meterologi Klimatologi Geofisika

2. Peneliti

Prospek kerja lulusan STMKG selanjutnya ada di bidang penelitian sebagai seorang peneliti di BMKG. Berbeda dengan PMG yang melakukan tugas pengamatan, seorang peneliti di BMKG ditugaskan untuk melakukan riset yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan di bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika.

Peneliti juga turut berkontribusi dalam pengambilan keputusan-keputusan terkait. Tak hanya itu, seorang pengkajian hingga pengembangan teori keilmuan baru di bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika juga menjadi tugas bagi seorang peneliti BMKG. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti BMKG lebih lanjut akan dipublikasikan pada jurnal ilmiah.

3. Perekayasa

Hampir serupa dengan peneliti, jabatan perekayasa juga melakukan penelitian dan pengembangan. Bedanya, seorang perekayasa bertugas dalam penelitian terapan dengan tujuan pemecahan masalah (problem solving) melalui pengembangan teknologi hingga inovasi terbaru yang lebih praktikal.

Kamu lebih tertarik bekerja sebagai peneliti atau perekayasa, nih?

0 Komentar