Serang Prioritaskan Ketahanan Pangan

Kepala Desa Serang Welly Sanjaya SP. merencanakan pengalokasian DD tahap I tahun anggaran 2023, di Desa Serang Kecamatan Cimalaka. (Foto Istimewa)
Kepala Desa Serang Welly Sanjaya SP. merencanakan pengalokasian DD tahap I tahun anggaran 2023, di Desa Serang Kecamatan Cimalaka. (Foto Istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres, Cimalaka – Pengalokasian DD tahap I tahun anggaran 2023, di Desa Serang Kecamatan Cimalaka, dialokasikan pada tiga kegiatan sub bidang program Ketahanan Pangan. Hal ini disampaikan Kepala Desa Serang Welly Sanjaya SP melalui Sekretaris Desa Serang, Ade Sutendar S Sos.

Terkait dengan alokasi penyaluran Dana Desa (DD) tahap I, yang mana Desa Serang sekarang berstatus Desa Mandiri.

“Kami Pemerintahan Desa Serang sudah merealisasikan pada beberapa program, diantaranya yaitu pertama pada bidang pembangunan dua kandang dalam budidaya ayam petelur. Perbaikan TPT jalan desa di Dusun Tiga Malangbong. Kemudian pengadaan bibit tanaman sayuran dalam mendukung program Teras Hijau,” katanya.

Baca Juga:Jualan Makanan Ringan Yang Laku Setiap Hari di Sumedang, Jawa BaratFF Advance Server apk, Seluruh Update Terbaru Ada Disini!

Yang kedua lanjutnya, pada bidang pemberdayaan diantaranya, pemutakhiran data SDGS, insentiv para guru ngaji dan Paud, pemberdayaan Posyandu untuk PMT ibu hamil dan anak stunting. Penyaluran  BLT DD pada 20 KPM selama 12 bulan, anggaran Musdesus serta kegiatan musyawarah desa lainnya.

“Bidang ketiga yaitu Penyertaan Modal Bumdes Desa Serang Maju Serang,” imbuhnya.

Dalam hal penyertaan modal Bumdes Desa Serang Maju Serang, pihak Pemerintahan Desa Serang berharap Bumdes Desa Serang terus berkembang dan memperoleh pendapatan yang baik di masa yang akan datang.

Karena dengan penyertaan modal pada Bumdes ini, lanjut Ade, sebagai stimulus untuk maju dan berkembangnya Bumdes dan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan ekonomi kemasyarakatan.

“Sehingga dengan penyertaan modal Bundes ini dapat merangsang untuk pertumbuhan Pendapatan Asli Desa (PADes),” imbuhnya.

Ade mengatakan, dalam bidang pembangunan dan kesejahteraan, pihalnya berharap, budidaya ayam petelur dan penyaluran bibit tanaman sayuran program Teras Hijau. Penyaluran BLT DD harapkan bisa menurunkan angka kemiskinan dan juga penurunan angka stunting.

“Pada intinya, kami Pemerintahan Desa Serang mendukung dan merealisasikan program – program dari pemerintah. Termasuk juga kami melakukan pembangunan – pembangunan, yang memang sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa ( RPJMDes ),” sambungnya.

Baca Juga:Download Alight Motion Pro apk 3.1.4 Dengan Berbagai Update Fitur MenarikDownload Among Us di Laptop Dan PC Terbaru 2023

Mudah-mudahan, lanjut dia, semua program ini, dapat mensejahterakan masyarakat. Kedua dengan adanya Dana Desa ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan pemberdayaan khusunya di Desa Serang. (ahm)

0 Komentar