Mitos Bendungan Jatigede Sumedang

Mitos Bendungan Jatigede Sumedang
Mitos Bendungan Jatigede Sumedang/pinterest
0 Komentar

sumedangekspres – Mitos Bendungan Jatigede Sumedang Uga Keuyeup Bodas meramal mitos atau ramalan Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang pada Resi Aji Putih dan Siliwangi Wangsit  .

Sebelum kita membahas ramalan-ramalan tersebut, mari kita bahas pengertian Uga dan Wangsit.

Uga disebut juga Cacandra dalam bahasa Sunda atau pesan atau ucapan nenek moyang kuno yang diturunkan secara lisan dari generasi ke generasi.

Baca Juga:Mitos Benteng Gunung Kunci SumedangSejarah Gunung Kunci Jaman Kolonial Belanda

Nenek moyang Uga sendiri menuliskan silsilahnya agar terhindar dari bahaya dan bencana serta selalu selamat.

Wangsit dalam bahasa Sunda berarti ucapan yang mengandung pesan. Sedangkan jika diartikan secara harafiah, Wangsit Siliwangi merupakan ucapan yang berisi nasehat yang disampaikan oleh Prabu Siliwang.

“Jatigede dikeueum bakal ngahudangkeun Keuyeup Bodas anu bakal ngabobol bendungan, Cipelang Cikamayangan, Bandung Heurin Ku Tangtung, Sumedang Ngarangrangan, Kadipaten Kapapaten, Tomo Totolomoan, Cirebon Kabongbodasan, Ujungjaya Ujung Kajayaan, Warung Peti Tempat Mayit, dll”.

Saat Jatigede banjir, terbangun kepiting putih yang merusak bendungan.

Sedangkan untuk rajungan bukanlah rajungan air seperti yang kita kenal, dalam uga ini rajungan merujuk pada patahan Baribis, Lembang dan Cimandiri yang terhubung dan melengkung seperti kepiting.

Yang berbunyi: “Ulah sina talangké, sabab talaga bakal bedah! Dia nu di beulah kulon! Papay ku dia lacak Ki Santang! Sabab engkéna, turunan dia jadi panggeuing ka dulur jeung ka batur. Ka batur urut salembur, ka dulur anu nyorang saayunan ka sakabéh nu rancagé di haténa. Engké jaga, mun tengah peuting, ti gunung Halimun kadéngé sora tutunggulan, tah éta tandana; saturunan dia disambat ku nu dék kawin di Lebak Cawéné. Ulah sina talangké, sabab talaga bakal bedah! Jig geura narindak! Tapi ulah ngalieuk ka tukang!”

0 Komentar