Sejarah Daerah Narimbang Conggeang Sumedang

Sejarah Daerah Narimbang Conggeang Sumedang
Sejarah Daerah Narimbang Conggeang Sumedang/istimewa.net
0 Komentar

Selain itu, makam Sunan Giri terletak di daerah Gresik Jawa Timur. Jadi ceritanya dibuat dengan baik dan tidak berdasar. Ada juga orang yang mengaitkannya dengan makam Prabu Siliwangi sehingga menimbulkan kesalah pahaman lagi.

Adapun Mbah Cacagat, karena kesamaan logat dan suaranya, kemungkinan namanya sama dengan R. Sacagati Ia adalah menantu dari Santoa Anut Nangga bin Kiai Rangga Haji.

Santoan Anut Nangga memiliki seorang putri yang menikah dengan R. Sacagati oleh karena itu dikenal sebagai NM Sacagati. Kiai Rangga Haji adalah putra dari Pangeran Santri dan Ratu Pucuk Umun serta adik dari Prabu Geusan Ulun. Rangga Haji merupakan sosok yang paling berpengaruh dalam menaklukkan kerajaan Panjalu.

Baca Juga:Pentingnya Peralatan Yang Lengkap Untuk BarbershopPermak Jeans Menjadi Populer Bandung

Konon pertempuran itu kini terjadi di daerah Narimbang. Jadi sepertinya ada kaitan antara Sacagat dengan kakeknya Rangga Haji yang kini menginvasi kawasan Narimbang.

Dan ada kemungkinan juga memanggil Aria Sacapati, anak dari Dalem Arya Bandayuda. Dalem Arya Bandayuda adalah putra raja Geusan Ulun dan adik dari pangeran Rangga Gede. Namun kemungkinan besar Mbah cacagati adalah nama R. Sacagati.

0 Komentar