Sejarah Singkat Darmaraja Sumedang Dimulai Pada Kerajaan Tembong Agung

Sejarah Singkat Darmaraja Sumedang Dimulai Pada Kerajaan Tembong Agung
(Sejarah Singkat Darmaraja Sumedang)
0 Komentar

Dengan kekalahan tersebut, akhirnya Djaya Brata diangkat menjadi pemimpin kota yang baru dibangun tersebut.

Djaya Brata kemudian mau menerimanya dengan berkata, “Saya mohon untuk menguasai Dharma.” Berasal dari kata Darma Ngaraja, inilah yang kemudian menjadi nama tempat/kota kedua setelah Lewihideng. nama tempat:
Dharmaraja.

Salah seorang yang tiba di sana adalah Sanghiyang Resi Agung dari Nagri Galuh dan mendirikan pertapaan di Cipeueuti (desa Cipaku Darmaraja, red) di pinggir Sungai Cimanuk.

Baca Juga:Sejarah Singkat Kisah Cinta Prabu Geusan Ulun dan Kisah Ratu HarisbayaSejarah Cipaku Darmaraja Sumedang yang Sudah Hilang Terendam

Kemudian Guru Aji Putih pun datang ke tempat yang sekarang disebut Lewihideung. Dari sinilah berdirinya Kerajaan Tembong Agung dimulai.

Guru Aji Putih adalah orang yang menyebarkan agama Islam di Sumedang dan dia adalah orang pertama yang menunaikan haji karena pergi ke Mekkah untuk memperdalam agama Islam.

Nama Aji Putih diubah menjadi Guru Haji Aji Putih atau Haji Darmaraja. Makam Prabu guru Aji Putih sekarang berada di Pajaratan Landeuh di desa Cipaku.

Sumedanglarang sendiri terbentuk saat Tajimalela berkuasa di wilayah itu. Tajimalela kemudian meneriakkan “Insu Medal Madanga” saat selesai berdoa Brata. Berikut diatas Sejarah Singkat Darmaraja Sumedang .

0 Komentar