Kapan Puasa Idul Adha 2023? Ini Jadwal Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah Lengkap Dengan Niat Berpuasa

Kapan Puasa Idul Adha 2023? Ini Jadwal Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah Lengkap Dengan Niat Berpuasa
(Ilustrasi foto/ sumber foto: pngtree)
0 Komentar

sumedangekspres – Kapan Puasa Idul Adha 2023? Menurut perhitungan penanggalan Masehi, puasa Tarwiyah jatuh pada tanggal 26 Juni 2023 dan puasa Arafah pada tanggal 27 Juni 2023.

Puasa Idul Adha merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim sebagai bagian dari perayaan Hari Raya Idul Adha.

Puasa ini dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah, bulan ke-12 dalam penanggalan Hijriyah. Pada artikel ini, kita akan membahas jadwal puasa Dzulhijjah, tarwiyah, dan Arafah beserta niat berpuasa yang dapat dilakukan selama periode ini.

Kapan Puasa Idul Adha 2023?

1. Jadwal Puasa Dzulhijjah

Baca Juga:Idul Adha 2023 Ada Cuti Bersama? Ini Tanggal Libur Nasional Idul AdhaKapan Idul Adha 2023? Jadwal Idul Adha Menurut Pemerintah dan Muhammadiyah

Puasa Dzulhijjah dilakukan selama 9 hari, dimulai pada tanggal 1 Dzulhijjah dan berakhir pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Puasa ini merupakan sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) bagi umat Muslim yang tidak sedang berhaji.

Niat Puasa Dzulhijjah:

أَصُوْمُ غَدًا سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى مِنْ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ تَقَرُّبًا إِلَيْهِ
“Ashumu ghadan sunnatan lillahi ta’ala min shahri Dzilhijjah taqarruban ilaih.”
Artinya: “Saya berniat berpuasa besok, sunnah karena Allah Ta’ala, dari bulan Dzulhijjah sebagai bentuk mendekatkan diri kepada-Nya.”

2. Jadwal Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah, sehari sebelum puasa Arafah. Puasa ini memiliki makna persiapan untuk puasa Arafah, jatuh pada Senin, 26 Juni 2023.

Tarwiyah berasal dari kata “tarwiyah” yang artinya memberi minum.

Pada zaman dahulu, pada hari Tarwiyah, para jamaah haji memberi makan dan minum unta mereka untuk persiapan menjalankan ibadah haji. Namun, bagi umat Muslim yang tidak sedang menunaikan ibadah haji, puasa Tarwiyah hanya berarti melaksanakan puasa sunnah.

Niat Puasa Tarwiyah

أَصُوْمُ غَدًا سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى تَرْوِيَةً لِيَوْمِ التَّروِيَةِ
“Ashumu ghadan sunnatan lillahi ta’ala tarwiyyatan liyawmi at-tarwiyyah.”
Artinya: “Saya berniat berpuasa besok, sunnah karena Allah Ta’ala, sebagai persiapan untuk puasa Tarwiyah.”

3. Jadwal Puasa Arafah

Puasa Arafah dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, merupakan puasa yang paling utama di antara semuanya, jatuh pada Selasa, 27 Juni 2023.

Baca Juga:Lirik Lagu “Lilith” Halsey ft SUGA BTS dan Terjemahan, ARMY Wajib Dengerin!Lirik Lagu Loneliness – Putri Ariani yang Telah Guncang Panngung America’s Got Talent Hingga Dapat Golden Buzzer

Puasa ini dijalankan sebagai bentuk penghormatan terhadap peristiwa penting yang terjadi di Gunung Arafah, Mekah, saat Nabi Muhammad SAW berhaji.

Puasa Arafah ini disunnahkan bagi mereka yang tidak sedang berhaji. Hari Arafah sendiri merupakan salah satu hari terpenting dalam ibadah haji dan juga menjadi hari raya bagi umat Muslim di seluruh dunia.

0 Komentar