Perkebunan di Jatinangor Pernah Menjadi Perkebunan Teh

Sejarah Perkebunan Jatinangor
Sejarah Perkebunan Jatinangor
0 Komentar

sumedangekspres – Sejarah Perkebunan Jatinangor, Willem Abraham Baud mendirikan perusahaan perkebunan di Jatinangor pada tahun 1844.

Awalnya, perkebunan ini hanya mencakup perkebunan teh, namun kemudian dimasukkan ke dalam bisnis perkebunan karet juga.

Willem Abraham Baud (1816-1879) adalah salah satu anak dari Jean Chrétien Baud (1789-1759), yang menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda (1833-1836), Menteri Kolonial (1840-1848) dan Menteri Kelautan (1840-1842).

Baca Juga:Sejarah Kerajaan Galunggung TasikmalayaSejarah Balubur Limbangan Garut Ibu Kota Kabupaten Dulu

W.A. Baud pergi ke Jawa atas permintaan ayahnya untuk melanjutkan karirnya sebagai pejabat pemerintah di tanah jajahan. Namun kemudian dia menyadari bahwa menjalankan bisnis perkebunan akan membuatnya lebih cepat kaya daripada pegawai negeri.

WA Baud kemudian berhasil mendapatkan kontrak perkebunan teh di kawasan Jatinangor, Priangan. Perjanjian ini disetujui oleh Kegubernuran Batava melalui Surat Keputusan No. 2 tanggal 26 Agustus 1844, yang antara lain mencakup pinjaman tanpa bunga sebesar 42.409 gulden dari pemerintah.

Jan Jacob Rochussen, Perdana Menteri Belanda (1858-1860), Gubernur Jenderal Hindia Belanda (1845-1851) dan Menteri Keuangan (1840-1843), melaporkan kejadian tersebut kepada Jean Chrétien Baud dalam sebuah surat Menulis:

“Dia mendapat kontrak yang menguntungkan karena dia adalah anak seorang pegawai negeri yang sangat dihormati.” Sebagai abdi negara dan raja, J.C. Baud sangat kecewa dengan kelakuan anaknya dan membalas J. Oleh J Rochussen:

“Sistem kontrak dan persentase menghilangkan rasa hormat dari pejabat dan dari dewa Mammon (dewa kekayaan).

Sejarah Perkebunan Teh di Jatinangor

Perusahaan bernama Maatschappij tot Exploitatie der Baud-Landen ini menguasai 962 hektar lahan yang terbentang dari lahan IPDN, ITB dan UNPAD hingga Gunung Manglayang. Awalnya, perkebunan ini hanya mencakup perkebunan teh, namun kemudian dimasukkan ke dalam bisnis perkebunan karet juga.

Pada masa penjajahan, Jatinangor merupakan perkebunan teh dan karet yang dikelola oleh perusahaan swasta Belanda, Maatschappij tot Exploitatie der Baud-Landen, didirikan pada tahun 1841, yang kemudian memiliki luas 962 hektar dan terbentang dari daratan. yang saat ini menjadi wilayah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Gunung Manglayang.

0 Komentar