Sejarah Sumedang Kisah Kecamatan Ujung Jaya

Sekilas Sejarah Dan Kisah Kecamatan Ujung Jaya
Sekilas Sejarah Dan Kisah Kecamatan Ujung Jaya/Kantor Desa Cipelang (foto: facebook Gin Gin Erma Hydayat)
0 Komentar

sumedangekspres – Sekilas Sejarah Dan Kisah Kecamatan Ujung Jaya , Akhir Kejayaan Sumedang,  Kecamatan Ujungjaya terletak di bagian Utara Kabupaten Sumedang, Letaknya berbatasan dengan Wilayah Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu.

Kecamatan Ujungjaya Merupakan daerah Agraris karena banyak sekali areal persawahan, dan merupakan Lokasi Strategis karena dekat dengan

Bandar Udara Internasional Kertajati {BIJB} di Kertajati, Kabupaten Majalengka,

Waduk Jatigede di Kecamatan Jatigede, Sumedang, dan juga akan dilewati oleh Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan {CISUMDAWU} yang sedang digarap.

Baca Juga:Mobil Listrik Murah 25 Juta, dengan Seharga MotorMotor Listrik Uwinfly T5 Ramah Lingkungan dan Harga Terjangkau

Namu di balik itu semua Kecamatan Ujung Jaya yang berada Di kabupaten Sumedang memiliki kisah dan ramalan yang sangat mendalam hampir sebagian besar masyarakat Ujungjaya sangat meyakini kalau daerah kelahirannya itu kelak akan menjadi sebuah kota besar layaknya ibu kota.

Tentunya didasari atas adanya “uga” atau ramalan yang dituliskan leluhur Sumedang sejak ratusan tahun silam Warga setempatpun mempercayai hal tersebut.

Dimana dalam ramalan itu disebutkan bahwa “Ujungjaya bakal jadi nagara”, jika didefinisikan, maka Ujungjaya ini ke depan akan menjadi sebuah kota besar layaknya seperti ibu kota negara.

Ujungjaya tak lepas dari Kerajaan Sumedang Larang, banyak bukti bukti yang menguatkan Fakta tersebut keberadaan Ujungjaya menjadi pintu masuk penyebaran agama Islam dari Cirebon ke Kerajaan Sumedang Larang yang dibawa oleh Pangeran Haji.

Ujungjaya sudah diramalkan oleh eyang Haji Aji Putih yang terkenal dengan Uga Ujungjaya yang artinya ramalan Ujungjaya. Beliau mengatakan Jatigede jadi Sahara, Darmaraja tinggal beja dan Ujungjaya jadi Nagara.

Ramalan ini sekarang hampir menjadi kenyataan, pembangunan Jatigede sudah rampung dan menjadi waduk Yang sangat luas. Tidak menutup kemungkinan, Ujungjaya akan menjadi kota Metropolitan dengan adanya Bandara dan diapit oleh jalan tol.

Seiringnya berjalannya waktu, ramalan leluhur Sumedang yang sudah dituliskan dalam “Uga Ujungjaya” ini sepertinya sudah hampir terwujud.

Baca Juga:Jumlah 38 Provinsi di Indonesia Tahun 2023 Terbentuknya 4 Provinsi BaruHotel Murah Di Bandung Untuk Liburan Keluarga Harga Bersahabat

Sebab faktanya sekarang, daerah pinggiran di wilayah utara Sumedang itu kini sudah menjadi sebuah daerah strategis yang banyak diburu oleh para investor.

0 Komentar