Terowongan Tol CISUMDAWU Terletak Di KM 62

Terowongan Tol CISUMDAWU Terletak Di KM 62
Terowongan Tol CISUMDAWU Terletak Di KM 62(titispudjii)
0 Komentar

sumedangekspres – Terowongan Tol CISUMDAWU Terletak Di KM 62 Pengoperasian Tol Cisumdaw Seksi 2 dan 3 ini merupakan bagian dari dukungan terhadap jalur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Untuk Part I sudah dikenakan tarif, namun Seksi 2 dan 3 tetap gratis.

Tol Cisumdawu Seksi 2 dengan panjang 17,05 km dari Gerbang Tol Pamulihan hingga Gerbang Tol Sumedang cocok untuk semua jenis kendaraan.

Baca Juga:Sengkedan Dilakukan Untuk Mengendalikan Permukaan Air Dalam Dunia PertanianSalah Satu Wisata DI Yogyakarta Hiden Gem

Sedangkan Seksi 3 yang membentang sepanjang 4,05 km dari Gerbang Tol Sumedang hingga Gerbang Tol Cimalaka hanya digunakan untuk kendaraan Golongan I.

Lokasi Terowongan Tol Cisumdawu berada di Desa Rancakalong, Wilayah Administratif Sumedang, Provinsi Jawa Barat Seksi II Ruas Rancakalong-Sumedang.

For Your Information Terowongan Tol Cisumdawu merupakan terowongan tol terpanjang di Indonesia dan tol pertama yang memiliki terowongan melalui bukit. Terowongan kembar tol Cisumdawu memiliki panjang 472 meter dan lebar 14 meter.

Cisumdawu adalah keindahan transportasi baru Jawa Barat. Akses ini memudahkan koneksi antara Bandung dan Cirebon, termasuk menuju pertigaan Tol Trans Jawa.

Salah satu daya tarik Tol Cisumdawu adalah terowongan kembarnya.

Terowongan memang menjadi landmark di jalan raya yang pembangunannya dimulai pada 2011 di bawah Menteri Konstruksi Joko Kirmanno.

Menurut informasi, terowongan kembar merupakan bagian tersulit dalam proses pembangunannya.

Lebarnya 14 meter dan panjangnya 426 meter Seperti yang bisa dilihat, mulut kedua terowongan ini disandingkan untuk menghubungkan masing-masing lorong.

Dapat dilihat bahwa modelnya membentuk setengah lingkaran dari beton yang tebal dan stabil.

Baca Juga:Jusuf Hamka Adalah Pengusaha Hebat dan HumbleHotel Horizon Bandung Terkenal Dengan Pelayanan dan Beribu Fasilitas yang Bikin Kamu Betah Gamau Pulang

Di atas terowongan terdapat bebatuan yang cukup besar yang ditumbuhi tumbuhan hijau sehingga memberikan kesan segar.

Terowongan itu terlihat jelas dari jembatan di depannya.

Menurut informasi, mulut terowongan ini memiliki lebar 14 meter dan panjang 426 meter.

Terowongan ini membelah bukit di dataran tinggi Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pekerjaan ini termasuk salah satu yang tersulit dari enam seksi Tol Cisumdawu dan dikerjakan oleh Kementerian PUPR sedangkan sisanya ditangani oleh Badan Usaha

Jalan Tol (BUJT) yaitu PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

0 Komentar