Jelang Pengoperasian Penuh, Simak Tarif Terkini Jalan Tol Cisumdawu

Jelang Pengoperasian Penuh, Simak Tarif Terkini Jalan Tol Cisumdawu
Tarif Terkini Jalan Tol Cisumdawu (ist)
0 Komentar

sumedangekspres –  Jelang pengoperasian penuh, simak tarif terkini jalan Tol Cisumdawu.

Jalan Tol Cisumdawu dari Cileunyi sampai Dawuan akan segera dibuka untuk masyarakat karena pengerjaan akhir tol telah selesai.

Di bawah ini adalah tarif tol Cisumdawu hingga Cimalaka hari ini.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan bahwa proyek Tol Cisumdawu akan selesai pada tanggal 15 Juni 2023.

Baca Juga:Alasan Dan Penyebab Anak Kecanduan Bermain RoleplayApasih Arti Dari Mimpi Suami Selingkuh Menurut Islam? Inilah Beberapa Penjelasannya

Ini berarti bahwa pembukaan penuh Tol Cisumdawu tinggal beberapa hari lagi.

Dilaporkan sebelumnya, Kementerian PUPR memastikan bahwa pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4 – Seksi 6 (Cimalaka-Dawuan) dengan panjang 29,3 km akan selesai pada pertengahan Juni 2023 ini.

Sayangnya terjadi keterlambatan pasalnya sampai saat ini jalan Tol Cisumdawu belum juga dibuka secara penuh.

Dengan demikian, Jalan Tol Cisumdawu akan dapat beroperasi secara keseluruhan sepanjang 62 km.

Seksi 4-6 Tol Cisumdawu sebenarnya sudah dibuka secara fungsional saat mudik Lebaran 2023.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga, Triono Junoasmono, mengatakan, “Seksi 4 hingga 6 hampir selesai semuanya, hanya ada beberapa titik yang sedang dalam proses finishing pada parapet dan aspalnya. Kami menargetkan untuk menyelesaikan semuanya pada tanggal 15 Juni, tetapi kami berusaha agar selesai lebih cepat pada tanggal 12 Juni.”

Triono menambahkan bahwa pekerjaan penghijauan akan diselesaikan seiring dengan berjalannya operasional Tol Cisumdawu.

Baca Juga:Nol Kasus Rabies, Pemda Provinsi Jabar Tetap WaspadaNaskah Kesepakatan Bersama Komponen Pendanaan Pilkada Serentak di Jabar Ditandatangani

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan biaya konstruksi sebesar Rp5,5 triliun.

Saat ini, ruas Tol Cisumdawu telah beroperasi dari Seksi 1 Cileunyi – Pamulihan (11,45 Km) sejak Januari 2022, diikuti dengan Seksi 2 Pamulihan – Sumedang (17,05 Km) dan Seksi 3 Sumedang – Cimalaka (4,05 Km) yang beroperasi sejak Desember 2022 untuk mendukung kelancaran lalu lintas selama Nataru 2022/2023.

Tarif Tol Cisumdawu sendiri sudah naik dan ditetapkan di seksi 1 sampai 3.

Namun, tarif biasanya gratis pada awal pembukaan fungsional, seperti saat Tol Cisumdawu dibuka hingga Sumedang Kota dan Cimalaka. Tarif yang dibayar hanya Rp 11 ribu sesuai dengan tarif ke Pamulihan. Namun, tarif Cileunyi-Pamulihan saat ini naik menjadi Rp 14.500.

0 Komentar