Hari Tarawiyah 2023 tanggal 8 Dzulhijjah

Hari Tarawiyah 2023 tanggal 8 Dzulhijjah
Hari Tarawiyah 2023 tanggal 8 Dzulhijjah
0 Komentar

sumedangekspres – Hari Tarawiyah 2023 Memasuki bulan Dzulhijjah, umat Islam wajib mengetahui amalan sunnah yang dianjurkan dilakukan pada bulan terakhir penanggalan Hijriyah.

Beberapa amalan sunnah di bulan Dzulhijjah antara lain puasa Tarwiyah dan puasa Arafah.

Puasa tarwiyah adalah puasa yang dilakukan pada hari ke 8 Dzulhijjah. Puasa ini berkaitan dengan peristiwa Nabi Ibrahim ketika menerima perintah dari Allah SWT. untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail. Sedangkan puasa Arafah adalah puasa yang dilakukan setelah puasa Tarwiyah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini berkaitan dengan rukun haji yaitu berdiri di Padang Arafah.

Baca Juga:Makanan Khas Sunda Yang Wajib di Coba di Jamin NagihResto Tahu Sumedang Dijamin Paling Enak

Hari Tarawiyah 2023 Berdasarkan hadits Hafshah bin Umar bin Khattab RA, puasa 10 hari di bulan Dzulhijjah merupakan amalan yang tidak pernah ditinggalkan Nabi.

Tentang Hafshah RA dia berkata: Ada empat hal yang Rasulullah tidak pernah tinggalkan. Yakni, puasa Asyura, puasa sepuluh hari di bulan Dzulhijjah, puasa tiga hari di setiap bulan dan dua rakaat sebelum Subuh. (Dilaporkan oleh Ahmad dan An Nasa’i). Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada satu hari, yaitu tanggal 8 Dzulhijjah. Demikian pula puasa Arafah dilakukan pada hari ke-9 Dzulhiyyah.

Tahun ini pemerintah telah memutuskan Idul Adha 10 Dzulhijjah jatuh pada 29 Juni 2023.

Oleh karena itu, puasa Tarwiyah dilaksanakan pada 27/6/2023 sedangkan puasa Arafah dilaksanakan pada 28/6/2023.

0 Komentar