Meriahkan HUT Bhayangkara ke-77 Gelar Lomba Siskamling

Meriahkan HUT Bhayangkara ke-77 Gelar Lomba Siskamling
Meriahkan HUT Bhayangkara ke-77 Gelar Lomba Siskamling
0 Komentar

sumedangekspres – Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berasaskan budaya dan gotong royong yang menjiwai masyarakat.

Dengan adanya Poskamling (Pos Keamanan Lingkungan) sebagai sarana yang cukup efektif untuk menjaga keamanan lingkungan sekaligus sarana menjalin keakarban antar warga.

Untuk itu, dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-77 Tahun 2023, Polres Sumedang menggelar lomba penilaian Pos Kamling tingkat wilayahnya. Dalam kegiatan tersebut Polres Sumedang membentuk tim penilai.

Baca Juga:Tungku Api Diduga Penyebab Satu Rumah TerbakarPedagang di Pasar Kerap Berbuat Curang, Uji Tera Dilakukan Demi Kenyamanan Pedagang dan Pembeli

Lomba pos kamling ini diharapkan bisa memicu semangat warga untuk menjaga lingkungan dari ancaman gangguan Kamtibmas. Satuan Binmas Polres Sumedang yang dikedepankan dalam kepanitiaan lomba Poskamling yang digelar di seluruh desa se-Kabupaten Sumedang.

Kapolsek Cimanggung Kompol Karyaman D mengatakan penilaian lomba Poskamling tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-77 tingkat Polsek Cimanggung Polres Sumedang sekaligus salah satu upaya dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polsek Cimanggung polres Sumedang.

Diharapkanya kegiatan siskamling tetap dilaksanakan setiap hari dan tidak hanya dilaksanakan karena adanya lomba saja. Selain itu selalu koordinasi dengan Babinmas dan Babinsa apabila ada kejadian yang menonjol.

“Lakukan pengawasan terhadap orang asing atau tamu yang masuk ke wilayah nya, berlakukan sistem 1 x 24 jam tamu wajib lapor,”pintanya.

Ia juga mengingatkan agar tetap jaga kesehatan dan berhati-hati dan waspada dalam melaksanakan tugas.

Sedangkan sasaran penilaian lomba Poskamling antara lain bangunan fisik poskamling kelengkapan poskamling meliputi buku-buku, tulisan poskamling, struktur organisasi, jadwal piket, jam dinding, kalender, alat pemadam kebakaran ringan ( APAR ) dan pasir, meja & kursi, pentungan, P3K, lampu penerangan, kentongan, peta lokasi wilayah serta nomer telpon penting. (kos)

0 Komentar