Tol Cisumdawu Beroperasi Full Awal Juli, Benarkah Selama 2 Minggu Tarifnya Gratis?

Tol Cisumdawu Beroperasi Full Awal Juli, Benarkah Selama 2 Minggu Tarifnya Gratis?
Sumber: Ekonomi-Bisnis
0 Komentar

sumedangekspres – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) akan mulai beroperasi penuh pada awal Juli 2023 dan diperkirakan akan gratis.

Sementara untuk jadwal peresmiannya akan berlangsung pada Juni ini.

“Setelah peresmian mudah-mudahan bisa beroperasi secara penuh. Kita targetkan di awal Juli sudah beroperasi penuh,” kata Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, dilansir dari tirto.id.

Triono menambahkan, secara umum semua badan jalan Tol Cisumdawu sudah selesai, dan progres pembangunannya hampir 100%. Sisanya, hanya tinggal melakukan perapihan-perapihan serta pembersihan pada ruas jalan tol tersebut.

Baca Juga:Gagal UTBK? Jangan Khawatir, Masih Ada Kesempatan Buat Kamu Masuk Kampus Impian! Caranya Ada Disini!Hari ke-448 Antara Rusia dan Ukraina Sebabkan 19 Rumah di Desa Yelizavet Ovka Rusak Akibat Baku Tembak

“Semuanya kan memang sudah selesai, tinggal perapihan, lalu mungkin pembersihan, dan lalu juga ada penanaman-penanam, beautifikasi dan sebagainya,” katanya.

Maka dari itu, saat ini menurutnya hanya tinggal menunggu kesiapan dari Presiden Jokowi untuk melakukan peresmian pada jalan tol ini.

Setelah tol cisumdawu diresmikan, tarif akan gratis selama dua minggu. Sebab, penerapan tarif baru bisa berlaku setelah tol sudah beroperasi penuh selama dua hingga tiga minggu.

“Kita beroperasi penuh dulu, nanti setelah operasi biasanya ada waktu dua sampai tiga minggu untuk penerapan tarif nya,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Triono mengatakan Tol ini dampaknya sangat besar terhadap perekonomian di Indonesia. Karena tol tersebut masuk di bebeapa kawasan strategis seperti Bandung, Cileunyi, Sumedang, dan Cirebon. Juga terhubung dengan Bandara Kertajati.

“Dan harapan kita bukan hanya memangkas waktu tempuh, tetapi pengembangan kawasan kawasan sekitarnya. Dulu dari Bandung ke Sumedang bisa sampai tiga jam, mudah-mudahan dengan sekarang bisa kesana tidak sampai satu jam,” tegasnya.

Tol Cisumdawu sendiri terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha. Biaya konstruksi tol tersebut mencapai Rp 5,5 triliun.

Baca Juga:Awas Jangan Asal Beli! Perhatikan 6 Hal ini Sebelum Kamu Beli Motor ListrikLirik T5 TREASURE – MOVE Lengkap dengan Terjemahan

Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund guna menaikkan kelayakan investasi tol itu.

Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Citra Karya Jabar Tol. Dan Tol Cisumdawu merupakan satu dari 13 jalan tol yang ditargetkan beroperasi 2023 ini.

0 Komentar