Waduh! Presiden Ukraina Minta Dunia Internasional Tekan Rusia

Waduh! Presiden Ukraina Minta Dunia Internasional Tekan Rusia
Waduh! Presiden Ukraina Minta Dunia Internasional Tekan Rusia (IG/@zelenskiy_official)
0 Komentar

sumedangeksres – Waduh! Presiden Ukraina Minta Dunia Internasional Tekan Rusia.

Presiden Ukraina, Vladimir Zelensky, meminta adanya tekanan terhadap Moskow setelah ia melakukan panggilan telepon dengan Presiden AS, Joe Biden.

Dalam pembicaraan telepon tersebut, keduanya membahas tentang pengiriman senjata berat tambahan.

Zelensky menyatakan bahwa mereka membahas mengenai eskalasi konflik dan situasi yang terjadi di Rusia.

Baca Juga:Tidak Perlu Beli, Ini Cara Sewa Motor Listrik di Gojek, Grab, dan inDriveiPhone 16 Release Date di Indonesia, Simak Juga Spesifikasi Lengkapnya di Sini

Ia mengungkapkan bahwa dunia harus menekan Rusia sampai tatanan internasional pulih kembali. Pernyataan ini dilaporkan oleh rt.com pada hari Senin (26/7/2023).

Selain itu, Zelensky juga menyebut bahwa dia dan Biden membahas ekspansi kerja sama pertahanan lebih lanjut, dengan fokus pada senjata jarak jauh.

Gedung Putih mengeluarkan pernyataan singkat yang menegaskan bahwa Biden kembali mengungkapkan dukungan yang tak tergoyahkan dari Amerika Serikat, termasuk melalui bantuan keamanan, ekonomi, dan kemanusiaan yang berkelanjutan.

Percakapan ini terjadi dua minggu sebelum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO di Lithuania, di mana negara-negara anggota NATO yang dipimpin oleh AS akan fokus pada bantuan bersama lebih lanjut untuk Kyiv.

Ukraina dilaporkan memiliki harapan tinggi untuk pertemuan di Vilnius, dengan harapan untuk menerima peta jalan keanggotaan NATO. Namun, beberapa laporan menyebutkan bahwa AS telah menentang memberikan jalan yang konkret kepada Kyiv untuk bergabung dengan aliansi tersebut.

Zelensky mengatakan, “Keputusan positif untuk Ukraina di Vilnius adalah satu-satunya keputusan positif yang mungkin untuk keamanan kita bersama di Eropa dan dalam Aliansi secara keseluruhan.”

Ukraina telah mengerahkan sistem pertahanan udara Patriot buatan AS pada musim semi ini, dan mereka juga kehilangan beberapa tank Leopard 2 buatan Jerman dan kendaraan tempur infanteri Bradley yang diberikan oleh AS selama serangan balasan bulan ini.

Baca Juga:Hari Tarwiyah Tanggal Berapa? Ini Penjelasan, Jadwal dan Keutamaan Puasa Tarwiyah & Arafah 2023Tes Kepribadian Introvert, Ekstrovert, atau Ambivert : Jawab 10 Pertanyaan Ini!

Moskow telah berulang kali memperingatkan bahwa pengiriman senjata oleh negara-negara Barat akan membuat anggota NATO secara de facto terlibat langsung dalam konflik tersebut. Presiden Vladimir Putin bahkan mengancam akan menghancurkan jet tempur F-16 buatan AS jika negara-negara Barat mengirimnya ke Ukraina dalam pernyataannya pekan lalu.

0 Komentar