Hari ke-489 Perang Rusia-Ukraina: Daftar Peristiwa Penting

Hari ke-489 Perang Rusia-Ukraina: Daftar Peristiwa Penting
(Tangkapan layar CNN Indonesia)
0 Komentar

sumedangekspres –  Daftar Peristiwa Penting di Hari ke-489 Perang Rusia-Ukraina.

1. Presiden Volodymyr Zelenskiy mengatakan bahwa pasukan Ukraina “maju ke segala arah” pada hari Senin setelah pertemuan dengan para jenderalnya. “Ini adalah hari yang membahagiakan. Saya berharap orang-orang [memiliki] lebih banyak hari seperti ini,” tambahnya.

Komentarnya muncul setelah pasukan Ukraina dilaporkan membangun pijakan di dekat jembatan Antonovsky di tepi kiri Dnieper dan merebut kembali desa Rivnopil.

2. Zelenskiy juga mengunjungi dua area di sepanjang garis depan di Ukraina timur dan selatan pada hari Senin. Presiden Ukraina memberikan penghargaan dan berpose bersama pasukan dalam rekaman video yang diposting online, termasuk unit yang sangat terlibat dalam menahan serangan Rusia di kota Bakhmut. “Terima kasih telah melindungi negara kami, kedaulatan, keluarga, anak-anak, Ukraina,” katanya.

Baca Juga:Program Subsidi Motor Listrik Diberikan! Masyarakat Belum Banyak Tahu, Akibat Kurang Sosialisasi?Lady Nayoan Beri Pesan Untuk Syahnaz Sadiqah Selamat Sudah Mencapai Tujuan Curhat di Chanel Dokter Richard Lee

3. Presiden Rusia Vladimir Putin telah bertemu dengan para jenderal dan pejabat keamanannya menyusul pemberontakan yang dilakukan oleh Yevgeny Prigozhin, pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner.

Putin menggunakan pidato Senin malam untuk menuduh Ukraina dan sekutu-sekutu baratnya ingin agar Rusia “saling membunuh” dan mengklaim bahwa pemberontakan Prigozhin “pasti akan gagal”, dan menambahkan bahwa Rusia menunjukkan “persatuan” dalam menghadapi pemberontakan yang “berbahaya”.

Ia mengatakan bahwa ia memberikan amnesti kepada para pejuang Wagner sehingga mereka dapat kembali ke keluarga mereka, masuk ke dalam militer Rusia, atau pergi ke Belarusia.

Di bawah kesepakatan dengan pemerintah Rusia, Prigozhin setuju untuk pergi ke pengasingan di negara tetangga, Belarusia. Putin berterima kasih kepada para pejabat keamanan, termasuk Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, yang dituntut Prigozhin untuk dicopot dari jabatannya.

4. Terlepas dari kesepakatan yang diumumkan sebelumnya untuk mengakhiri pemberontakan Wagner, Prigozhin masih diselidiki karena mencoba mengorganisir pemberontakan bersenjata, menurut kantor-kantor berita Rusia. “Kasus kriminal terhadap (Yevgeny) Prigozhin belum dibatalkan,” tiga kantor berita utama Rusia mengutip sumber di kantor kejaksaan.

5. Kementerian Pertahanan Rusia merilis sebuah video yang menunjukkan Menteri Pertahanan Sergey Shoigu mengunjungi pasukan di Ukraina dalam penampilan pertamanya di depan umum sejak pemberontakan Wagner yang gagal.

0 Komentar