Seni Budaya, Menghaluskan Budi dan Rasa

KENDANGERS: Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat memberi sambutan pada acara festival menabuh gendang yang digelar di Gedung Sumedang Creative Center baru-baru ini. Acara bertajuk "Baduga Sumedang Ngendang, Road To Kendangers Battle Season 2.
KENDANGERS: Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat memberi sambutan pada acara festival menabuh gendang yang digelar di Gedung Sumedang Creative Center baru-baru ini. Acara bertajuk "Baduga Sumedang Ngendang, Road To Kendangers Battle Season 2.
0 Komentar

KOTA – Sejumlah pemuda Sumedang yang tergabung dalam “Baduga” (Balai Diskusi Urun Gagasan) menggelar festival menabuh kendang, baru-baru ini. Acara yang digelar di Gedung Sumedang Creative Center itu, bertajuk “Baduga Sumedang Ngendang, Road To Kendangers Battle Season 2”.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir yang turut menghadiri acara mengapresiasi positif atas proses kreatif anak muda yang tergabung ke dalam Baduga dengan menggelar event tersebut.

“Terima kasih Baduga selama ini yang ikut mewarnai pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sumedang,” kata bupati.

Baca Juga:Kenaikan Omset Rumah Makan Dekat Dengan CisumdawuSekda Setiawan Optimistis Cabor Squash Mampu Sumbang Emas untuk Jabar di PON 2024 Target delapan medali emas squash di PON XXI

Menurutnya, mereka adalah “Anak-anak” yang nyaah ka lemah cai , yang telah mengaktualisasikan kreatifitasnya untuk kemajuan budaya di Kabupaten Sumedang.

“Luar biasa acaranya, penuh makna dan warna serta memberikan kemanfaatan kepada masyarakat. Termasuk hari ini kita bergembira bersama, bahagia  mendapatkan hiburan,” ucapnya.

Dikatakan, seni budaya akan menghaluskan budi dan rasa manusia. Sehingga kalau budi dan rasa sudah halus, akan membedakan yang baik dengan yang buruk, yang benar dengan yang salah.

“Kalau hati sudah bisa membedakan dengan yang benar dengan yang salah, kita akan konsisten atau istiqomah untuk menegakkan kebenaran. Itu berawal dari seni budaya yang menghaluskan budi dan rasa kita,” ucapnya.

Masih kata Bupati, sudah menjadi kewajiban semua untuk melestarikan budaya lama yang baik dan menggali budaya baru yang lebih baik.

“Sekarang para tukang kendang menampilkan ketangkasannya, keterampilannya dalam memainkan kendang. Terima kasih. Terus kembangkan Sumedang dan majukan Sumedang,”  ucapnya.

Sementara itu, Ketua Baduga Adi Purwanto Nugroho dalam laporannya mengatakan, suksesnya acara tersebut adalah bukti nyata guyubnya para seniman di Kabupaten Sumedang yang mempunyai cita-cita besar.

Baca Juga:KABAR JABAR DARI ARAFAH Jemaah Haji Jabar Berburu Makanan Indonesia Sampai MancanegaraDampak Dari Revenge P*rn Bikin Mental Down Terpuruk, dan Sulit Sosialisasi

“Acara ini bukti konkret dari Baduga Sumedang yang tidak hanya berbicara soal ide dan gagasan saja, tapi bagaimana mewujudkan ide dan gagasan itu menjadi kenyataan,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Adi, Baduga tidak hanya wadah untuk diskusi, tetapi menjadi gerakan dan spirit berbakti untuk tanah air ( lemah cai ).

0 Komentar