Keluar – Masuk Tol Cisumdawu Dimana Sih? Simak Rute Tol Terindah Penghubung Bandung dan Cirebon ini

Keluar - Masuk Tol Cisumdawu Dimana Sih? Simak Rute Tol Terindah Penghubung Bandung dan Cirebon ini
Keluar - Masuk Tol Cisumdawu Dimana Sih? Simak Rute Tol Terindah Penghubung Bandung dan Cirebon ini (youtube.com/inijourney)
0 Komentar

sumedangekspres – Keluar – masuk Tol Cisumdawu dimana sih, simak rute tol terindah penghubung Bandung dan Cirebon ini.

Banyak di antara masyarakat yang belum pernah mengakses Tol Cisumdawu kemudian mempertanyakan keluar dan masuk tol ini di mana saja.

Sebelum menggunakan akses jalan Tol Cisumdawu, memang ada baiknya kita mengetahui rute jalan tol milik Jusuf Hamka ini.

Baca Juga:Ridwan Kamil Pastikan Polemik Al Zaytun Diputuskan Minggu Depan: Akan Disampaikan Menko PolhukamAdha Festival Kembali Digelar Masjid Salman ITB

Dengan mengetahui rute Tol Cisumdawu, kita jadi bisa menentukan apakah tujuan kita bisa lebih cepat jika ditempuh dengan melewati tol ini atau tidak.

Seperti yang kita tahu bahwa Tol Cisumdawu (Cileunyi Sumedang Dawuan) ini menghubungkan Bandung dengan Cirebon dan memiliki panjang jalan sekitar 62 kilometer.

Rute Jalan Tol Cisumdawu dimulai dari Cileunyi dan kemudian berakhir di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama, Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang.

Lalu dari Gerbang Tol Ujung Jaya Utama akan terhubung dengan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) via Junction Dawuan.

Dengan demikian pengguna jalan Tol Cisumdawu akan keluar di Junction Dawuan, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka yang terhubung ke Tol Cipali.

Waktu tempuh perjalanan dari Cileunyi sampai dengan Kertajati tersebut, berdasarkan pengalaman sejumlah pengendara diantara 45 sampai dengan 50 menit, kecepatan rata-rata 60 kilometer pe jam.

Sebab, sebagian ruas tol tersebut yakni Cimalaka – Kertajati masih berstatus fungsional dan hanya boleh dilintasi dengan kecepatan maksimal 60 kilometer per jam.

Baca Juga:Hari ke-2 POPDA XIII Jawa Barat 2023, Kabupaten Garut Raih 1 Perak dan 5 Perunggu12 Usaha Pertanian yang Paling Menjanjikan Tahun 2023

Kemudian sampai dengan saat ini, baru bisa dilewati satu arah untuk ruas yang masih beroperasi secara fungsional.

1. Cileunyi – Pamulihan

Ruas ini mempunyai rute sepanjang 11,45 kilometer dan 2 gerbang tol yakni Jatinangor di Km 161 untuk akses keluar ke Jatinangor, Cileunyi dan Sukasari.

Gerbang tol kedua adalah Pamulihan di Km 166 untuk akses keluar ke Pamulihan, Rancakalong dan Tanjung Sari.

Ruas ini sudah beroperasi penuh dan dapat dilalui 2 arah saat mudik baik dari arah Sumedang ke Bandung maupun Bandung ke Sumedang.

0 Komentar