Kecamatan Sumedang Utara Dukung BBGRM Desa

DATANG LANGSUNG: Camat Sumedang Utara, Asep Aan Dahlan (kiri) turut hadir dalam rangka mendukung Desa Mekarjaya, pada kegiatan penilaian lomba BBGRM Sumedang baru-baru ini
DATANG LANGSUNG: Camat Sumedang Utara, Asep Aan Dahlan (kiri) turut hadir dalam rangka mendukung Desa Mekarjaya, pada kegiatan penilaian lomba BBGRM Sumedang baru-baru ini.(istimewa)
0 Komentar

KOTA– Pemerintahan Kecamatan Sumedang Utara mendukung dan mensupport kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM).

Hal ini disampaikan Camat Sumedang Utara Asep Aan Dahlan melalui Sektetaris Pemerintahan Kecamatan Sumedang Utara Dra Ellyani kepada Sumeks baru-baru ini.

“Kami berharap kegiatan BBGRM ini tidak hanya di Desa Mekarjaya saja, yang mewakili desa-desa di wilayah Kecamatan Sumedang Utara dalam lomba tingkat kabupaten akan tetapi desa-desa yang lain turut serta melaksanakanya di desa masing- masing,” kata Ellyani.

Baca Juga:Jelang POPDA XIII Jabar 2023 Berakhir, Tarung Derajat dan Pencak Silat Sumbang Emas untuk GarutKKJ-PKJB 2023, Atalia: Helaran Wujud Kreativitas Masyarakat Jawa Barat

Jadi, sambung Elly, pencanangan BBGRM tidak hanya sampai di sini saja, tetapi dijadikan titik awal yang diharapkan ke sananya semua masyarakat bergotong-royong untuk membangun desanya.

“Karena seperti diketahui semua bahwa anggaran dari Pemerintah itu kan terbatas,” ujarnya.

Pihaknya berharap ada keikutsertaan masyarakat dan gotong royong masyarakat dalam semua program – program pembangunan.

Termasuk juga dalam semua permasalahan yang ada di desa, seperti penurunan angka stunting dan lainnya.

Ellyani menjelaskan, Pemerintah Kecamatan Sumedang Utara akan mensupport semua desa di wilayahnya, bukan hanya ke Desa Mekarjaya saja.

Jadi pada intinya, lanjut Elly, desa tidak bisa mengandalkan anggaran Dana Desa. Tapi bagaimana caranya supaya desa-desa bisa berupaya menggali swadaya dan potensi yang ada di desa itu sendiri.

“Dari kegotongroyongan masyarakat yang ada di desa ini di harapkan swadaya dan potensi masyarakat di desa bisa digali.

Baca Juga:Jangan Keseringan Minta Maaf, Karna Akan Berakibat Toxic Productivity Di KantorHutang Sampe Miliaran Warga Jakarta Gara-Gara Pinjol atau Pinjaman Online

Misalkan ada rumah warga yang tidak layak huni (Rutilahu) desa kan tidak bisa mengandalkan dari anggaran DD saja, tapi tetap harus ada kontribusi dari masyarakat desa tersebut yang bahu membahu bergotong royong untuk memperbaiki rumah tersebut,” ujarnya.

Disamping itu untuk menggali potensi sumber daya alam yang ada di desa, seperti di Desa Mekarjaya sekarang sudah mulai mengelola sumber daya alam namanya Situs Batarai, bekerjasama dengan Karangtaruna dan masyarakat sekitar dikembangkan menjadi Agro wisata.

“Dari hasil verifikasi kami di tingkat Kecamatan, untuk tahun 2023, kita mempercayakan Desa Mekarjaya untuk mewakili Kecamatan Sumedang Utara dalam lomba BBGRM tingkat Kabupaten, mudah-mudahan ini sukses menjadikan Sumedang Utara terdepan,” pungkasnya. (ahm)

0 Komentar