DKP Jabar Galakan Vegetasi Pantai, Ridwan Kamil: Menahan Abrasi dan Mempertahankan Peradaban

DKP Jabar Galakan Vegetasi Pantai, Ridwan Kamil: Menahan Abrasi dan Mempertahankan Peradaban
VEGETASI PANTAI: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didamping Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir Hermansyah M.Si beserta Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, menyerahkan secara simbolis bibit pohon Vegetasi Pantai kepada Kelompok Masyarakat Pengawas Camar Laut, Jamhuri.
0 Komentar

sumedangekspres – DKP Jabar galakan vegetasi pantai. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didamping Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir Hermansyah M.Si beserta Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan,

menyerahkan secara simbolis bibit pohon Vegetasi Pantai kepada Kelompok Masyarakat Pengawas Camar Laut, Jamhuri yang diserahkan pada puncak acara Cycling de Jabar 2 di Alun-alun Paamprokan Pangandaran, Minggu (9/7).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, selama Lima tahun menjabat gubernur, dirinya mendapati lahan di Jawa Barat subur tetapi sebagian juga kritis dan gundul.

Baca Juga:Coca – Cola Luncurkan Botol 100% rPET di IndonesiaSimak Pesona Hotel Santika Premiere, Hadir Di Tiap Kota Besar

Pemprov Jabar mencanangkan 50 juta penanaman pohon dan sudah terlampaui per hari ini sudah 62 juta sudah ditanam di lahan kritis, untuk bisa dilanjutkan gubernur berikutnya atau siapa pun yang menjabat.

“Sehingga tidak ada lagi lahan kritis di Jawa Barat, karena setiap tahun kita tanam kita rawat,” katanya.

Menurut Kang Emil -sapaan Ridwan Kamil-, salah satu krisis iklim adalah tergerusnya tanah di pantai utara atau garis-garis pantai oleh perubahan iklim.

Makanya, di dalam 62 juta penanaman pohon, selain menanam di gunung-gunung atau bukit, tetapi juga di pantai-pantai melalui spek yang namanya mangrove.

“Mudah-mudahan ini bisa menahan abrasi dan mempertahankan peradaban di Jawa Barat,” katanya.

Lokasi penanaman Vegetasi Pantai tersebut dilaksanakan di Desa Legok Jawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

Dengan jumlah secara keseluruhan sebanyak 25.500 bibit pohon dengan berbagai macam jenis vegetasi, dari mulai cemara laut, ketapang laut, butun/Baringtonia dan pandan laut.

Baca Juga:Pemondokan Nyaman, Bikin Jemaah Lansia Betah dan Semangat IbadahPetugas Haji Jabar Berikan Tips Jemaah Hindari Heat Stroke

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ir Hermansyah M.Si menyampaikan, salah satu program DKP Jabar galakan vegetasi pantai  yang saat ini sedang dilaksanakan adalah program pengelolaan ekosistem laut, pesisir dan pulau-pulau kecil serta konservasi sumber daya hayati kelautan dan perikanan.

Tujuan utama program tersebut adalah adalah terlaksananya konservasi secara berkelanjutan yang di harapkan akan sangat berdampak untuk masa depan.

“Bentuk nyata kegiatan dari program tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan pengelolaan pantai dan pesisir melalui penanaman vegetasi pantai yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas ekosistem laut,

0 Komentar