Bukan Hanya Bahan Baku Pembuatan Makanan, Ternyata Daun Pandan Memiliki Manfaat Yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Lho, Inilah Manfaat Daun Pandan

Bukan Hanya Bahan Baku Pembuatan Makanan, Ternyata Daun Pandan Memiliki Manfaat Yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Lho, Inilah Manfaat Daun Pandan
Bukan Hanya Bahan Baku Pembuatan Makanan, Ternyata Daun Pandan Memiliki Manfaat Yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Lho, Inilah Manfaat Daun Pandan (Istimewa/Freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Bukan Hanya Bahan Baku Pembuatan Makanan, Ternyata Daun Pandan Memiliki Manfaat Yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Lho, Inilah Manfaat Daun Pandan.

Daun pandan merupakan daun yang berasal dari tanaman Pandanus amaryllifolius yang biasa tumbuh di daerah tropis. Daun ini panjang dan tajam dengan tepi bergerigi.

Daun pandan biasa digunakan dalam masakan dan minuman di banyak negara Asia Tenggara, terutama masakan Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Baca Juga:Cara Membuat Es Kelapa Muda Jelly Pandan Dengan Mudah, Cocok Untuk Ide JualanTernyata Ini Cara Membuat Susu Soda, Mudah Dan Tidak Membutuhkan Banyak Bahan

Daun pandan memiliki bau yang khas dan memberikan rasa yang unik pada makanan atau minuman yang diolah dengan daun tersebut.

Umumnya daun pandan digunakan utuh atau ditumbuk untuk aroma dan rasa yang lebih kuat.

Daun pandan sering digunakan untuk membuat kue, roti, makanan penutup, minuman, serta masakan nasi, ikan, dan ayam.

Selain digunakan untuk keperluan kuliner, daun pandan juga memiliki nilai budaya di sebagian masyarakat Asia Tenggara. Daun pandan sering digunakan dalam upacara adat atau sebagai hiasan dalam upacara pernikahan atau ritual keagamaan.

Secara tradisional, daun pandan juga digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, meski penelitian ilmiahnya masih terbatas.

Perlu diketahui bahwa tanaman pandan banyak sekali jenisnya dan beberapa diantaranya memiliki daun yang menyerupai daun pandan tetapi tidak memiliki aroma atau rasa yang sama.

Oleh karena itu, saat Anda memasak atau menggunakan daun pandan, pastikan Anda menggunakan jenis tanaman pandan amaryllifolius yang tepat.

Berikut manfaat daun pandan untuk kesehatan.

Meringankan gejala rematik

Baca Juga:Ternyata Whatsapp Ilegal Dapat Mengetahui Isi Data Handphone Penggunanya? Simak SelengkapnyaInilah Cara Terhindar Dari Pinjol Ilegal Terbaru 2023, Simak Baik Baik Tips Nya Agar Tidak Menyesal

Ambil dua atau tiga lembar daun pandan segar. Kemudian cuci dan potong kecil-kecil. Siapkan setengah cangkir minyak kelapa panas dan tambahkan daun pandan.

Blender hingga halus dan setelah dingin dapat digunakan sebagai minyak untuk memijat bagian tubuh yang sakit.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa dilawan dengan daun pandan. Metodenya sangat sederhana. Caranya, rebus dua lembar daun pandan dalam dua gelas air dan biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Minumlah dua kali sehari sampai tekanan darah Anda kembali normal.

0 Komentar