Keperawatan UPI Kampus Sumedang Gelar PKM Berbasis Kepakaran Ilmu

PEDULI: Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Keperawatan UPI Kampus Sumedang melakukan sosialisasi pada masyarakat, yang memiliki keluarga penderita ODGJ.
PEDULI: Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Keperawatan UPI Kampus Sumedang melakukan sosialisasi pada masyarakat, yang memiliki keluarga penderita ODGJ.(istimewa)
0 Komentar

Reni berharap, dengan kegiatan ini kesadaran masyarakat semakin meningkat dalam melakukan perawatan ODGJ. Kemudian juga resiko terjadi kekambuhan pada pasien ODGJnya semakin menipis. Bahkan diharapkan tidak terjadi kekambuhan pada pasien ODGJnya.

“Kami berharap keluarga pasen ODGJ dapat menerapkan ilmunya ketika merawat pasien, juga semakin tangguh di dalam memberikan perawatan. Tidak ada pasien ODGJ yang sampai berhenti atau putus obat, karena pasien ODGJ memerlukan pengawasan minum obat dan keluarga adalah orang yang paling dekat yang dapat mengawasinya, yang sangat bisa memberikan dukungan dalam meningkatkan kesembuhan pada pasien ODGJ tersebut,” jelas Reni.

Sehingga, lanjut Reni, pemulihannya lebih cepat untuk bisa kembali mandiri dan produktif.

Baca Juga:Dongfeng FengGuang Mini EV Mobil Listrik 70 Jutaan Masa Iya Sih Ga LakuKemerosotan Harga Wuling Air EV Turun Mobil Listrik Rp 20 Jutaan Karena Disubsidi

Di tempat yang sama Kasi P2PTM Dinas Kesehatan Sumedang, H Aan Sugandi SKM MSi mengapresiasi kegiatan PKM Prodi Keperawatan UPI Kampus Sumedang ini.

“Kegiatan tim PKM Prodi Keperawatan UPI kampus Sumedang ini sangat luar biasa. Karena sangat membantu program kami dalam program kerjanya. Tidak sedikit penderita ODGJ ini yang sulit untuk sembuh, karena peran dari keluarga yang kurang peduli. Jadi kegiatan ini menurut kami sangat luar biasa, dalam meningkatkan kepedulian kepada masyarakat khususnya kepada keluarga,” katanya.

Aan berharap, kegiatan ini bisa berkesinambungan, tidak hanya dilakukan di Puskesmas Sukagalih, melainkan di semua Puskesmas di Sumedang.

“Kegiatan ini menjadi motivasi bagi kami dan akan menjadi salah satu agenda tersendiri, bagi kami Dinas Kesehatan Sumedang untuk tahun 2024 nanti. Kami akan berupaya untuk melakukan sosialisasi pada masyarakat, khususnya untuk para keluarga yang memiliki keluarga penderita ODGJ,” pungkas Aan.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sukagalih, Ida Warlinda S Kep Ners., sangat bersyukur dengan adanya kegiatan PKM Prodi Keperwatan UPI Kampus Sumedang ini dan berharap kegiatan ini berkelanjutan.

“Kita sangat bersyukur sekali dengan adanya pelaksanaan kegiatan PKM dengan materi Pembentukan Supportif Keluarga dengan gangguan jiwa, dalam program rehabilitasi di Puskesmas, kami yang dilaksanakan dan difasilitasi oleh tim PKM Prodi Keperawatan UPI Kampus Sumedang ini,”
katanya.

0 Komentar