Bendungan Jatigede Sumedang Memiliki Kemiripan Dengan Danau Toba Sumatra, Penasaran? Yuk Kepoin Wisata Sumedang Satu Ini

Bendungan Jatigede Sumedang Memiliki Kemiripan Dengan Danau Toba Sumatra, Penasaran? Yuk Kepoin Wisata Sumedang Satu Ini
Bendungan Jatigede Sumedang Memiliki Kemiripan Dengan Danau Toba Sumatra, Penasaran? Yuk Kepoin Wisata Sumedang Satu Ini (Puncak Damar Jatigede)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Bendungan Jatigede Sumedang Memiliki Kemiripan Dengan Danau Toba Sumatra, Penasaran? Yuk Kepoin Wisata Sumedang Satu Ini.

Seperti yang kita tahu kalau bendungan Jatigede atau waduk Jatigede merupakan salah satu infrastruktur yang berguna sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Dan seperti yang kita tahu juga kalau danau toba merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Sumatra Utara.

Baca Juga:Destinasi Wisata Favorit Sumedang Bisa Kamu Kunjungi Sama Ayang Ketika Hari LiburSumedang Juga Punya Destinasi Wisata Mirip Pantai Pangandaran Lho! Yuk Simak Destinasi Wisata Sumedang Kali Ini

Lantas apa saja kemiripan dari Waduk Jatigede dan Danau Toba? Simak pengertian danau toba dan bendungan jatigede dibnawah ini.

Bendungan Jatigede adalah salah satu proyek infrastruktur terpenting di Indonesia dengan tugas pengendalian banjir, penyediaan air untuk irigasi pertanian dan juga untuk produksi PLTA.

Pembangunan Bendungan Jatigede dimulai pada tahun 2011 dan diresmikan pada tahun 2015. Bendungan ini dibangun di atas Sungai Cimanuk, salah satu sungai terpanjang di Jawa Barat.

Ketinggian bendungan ini kurang lebih 110 meter dan daya tampungnya kurang lebih 3,3 miliar meter kubik air. Bendungan ini jika sudah penuh akan membentuk sebuah danau dengan luas sekitar 9.600 hektar.

Tugas utamanya adalah perlindungan banjir dan pasokan air untuk pertanian. Bendungan Jatigede juga memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas kurang lebih 50 megawatt.

Pembangkit listrik tenaga air ini memanfaatkan aliran air danau untuk menghasilkan energi listrik yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lingkungan kawasan bendungan.

Bendungan Jigede tidak hanya memiliki keunggulan fungsional dalam pengendalian banjir dan pembangkit listrik, tetapi juga memiliki nilai tambah bagi pariwisata dan keindahan alam.

Baca Juga:Ternyata Ini Artinya Resep Nasi Goreng Dalam Bahasa Inggris, Artinya Sangat Diluar Nalar?Resep Nasi Goreng Padang Paling Enak Di Pulau Sumatra Yang Bisa Kamu Buat Sendiri Dikosan

Danau yang dibentuk oleh bendungan ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dan dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan yang hijau.

Daerah sekitar danau juga merupakan tempat yang populer untuk hobi seperti memancing, berkemah dan menikmati alam yang indah.

Danau Toba adalah sebuah danau alami di Provinsi Sumatera Utara, danau ini merupakan salah satu danau terbesar di dunia dan termasuk dalam wilayah Danau Toba yang juga termasuk Pulau Samosiri di tengahnya.

0 Komentar