Ternyata Ini Fungsi Dari Hutan Mangrove Dekat Dengan Pantai Sumedang, Wisata Sumedang Viral 2023, Mirip Dengan Pantai Pangandaran?

Ternyata Ini Fungsi Dari Hutan Mangrove Dekat Dengan Pantai Sumedang, Wisata Sumedang Viral 2023, Mirip Dengan Pantai Pangandaran?
Ternyata Ini Fungsi Dari Hutan Mangrove Dekat Dengan Pantai Sumedang, Wisata Sumedang Viral 2023, Mirip Dengan Pantai Pangandaran? (Istimewa/Freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Ternyata Ini Fungsi Dari Hutan Mangrove Dekat Dengan Pantai Sumedang, Wisata Sumedang Viral 2023, Mirip Dengan Pantai Pangandaran?

Hutan mangrove adalah ekosistem hutan pesisir atau laut yang dicirikan oleh dominasi mangrove.

Mangrove merupakan tanaman yang unik dan dapat tumbuh di daerah pesisir yang tergenang air laut baik secara permanen maupun intermiten.

Baca Juga:Gak Perlu Jauh ke Tanah Abang DKI Untuk Menikmati Harga Yang Sangat Murah, Pasar di Sumedang Juga Punya Harga Jauh Lebih Murah, Inilah Wisata SumedangWisata Terpopuler Jawa Barat, Harus Kamu Kunjungi Diakhir Pekan Bersama Pasangan, Dijamin Ketagihan Untuk Datang. Tiket Masuk Murah!

Hutan mangrove tumbuh di daerah antara daratan dan lautan yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

Tumbuhan mangrove memiliki adaptasi khusus yang memungkinkannya tumbuh di lingkungan yang sulit seperti air payau, lumpur, dan salinitas tinggi.

Akar tunggangnya menjangkau jauh ke dalam lumpur dan memberikan stabilitas di dalam tanah, sedangkan pucuk tanaman ini menahan daun untuk menangkap sinar matahari.

Tumbuhan bakau kemudian menyerap semua jenis logam berbahaya dan memberikan kualitas air yang lebih bersih.

Mangrove merupakan agen remediasi hayati alami karena dapat menyerap logam berat yang terdapat secara alami seperti Fe, Mn, Cr, Cu, Co, Ni, Pb, Zn dan Cd. Fitur ini disebut Biosorb.

Mangrove juga memiliki biofilter. Biofilter merupakan keunggulan hutan mangrove yang bertujuan untuk menyaring, mengikat dan menjebak pencemaran alam berupa kelebihan sedimen, sampah dan limbah rumah tangga lainnya.

Ini juga meningkatkan kualitas air. Salah satu jenis mangrove yang memiliki kemampuan menyerap logam berat adalah Api-api (Avicennia Marina).

Baca Juga:Kabupaten Cirebon Penghasil Udang Terbesar di Jawa Barat? Simak Faktanya Disini, Wisata Unik Jawa BaratTidak Usah Jauh Jauh Berkunjung Ke Kota Bandung, Sumedang Juga Punya Kebuh Buah Yang Sangat Luas Lho, Yuk Kepoin Lokasi Wisata Sumedang Ini!

Pohon bakau ini memiliki kekuatan untuk mengatasi zat beracun lainnya, misalnya melemahkan efek racun melalui pengenceran (pengenceran).

0 Komentar