Makna Warna dan Logo Resmi Jawa Barat yang Perlu Kamu Ketahui, Jiwai Maknanya Maka Kesuksesan Adalah Milik Kita

Makna Warna dan Logo Resmi Jawa Barat yang Perlu Kamu Ketahui, Jiwai Maknanya Maka Kesuksesan Adalah Milik Kita
Makna Warna dan Logo Resmi Jawa Barat yang Perlu Kamu Ketahui (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Makna Warna dan Logo Resmi Jawa Barat yang Perlu Kamu Ketahui, Jiwai Maknanya Maka Kesuksesan Adalah Milik Kita.

Setiap provinsi di Indonesia memiliki identitas visual yang khas yang tercermin dalam logo resmi mereka.

Begitu pula dengan Jawa Barat, provinsi yang kaya akan sejarah dan budaya yang membanggakan.

Baca Juga:Warga Jabar Harus Tahu, Ini Daftar Wakil Gubernur Jawa Barat dari Tahun 1946 Sampai SekarangMenikmati Keindahan Danau-Danau Vulkanik di Sumedang

Logo Jawa Barat adalah simbol dari kearifan lokal, perkembangan zaman, serta semangat perjuangan dan kemajuan provinsi ini.

Dalam logo tersebut, terdapat makna mendalam dan simbolisme yang menggambarkan esensi Jawa Barat sebagai bagian penting dari keberagaman dan kekuatan Indonesia.

Sebagai gerbang pintu utama pulau Jawa, provinsi ini telah menyaksikan perjalanan sejarah yang panjang, mengalami berbagai dinamika perubahan, dan membangun fondasi yang kokoh untuk masa depan yang lebih baik.

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang logo resmi Jawa Barat, yang mengandung pesan-pesan simbolik tentang identitas, visi, dan misi provinsi ini.

Lambang Jawa Barat menggambarkan sebuah perisai berbentuk bulat telur dengan pita hiasan di bagian bawahnya yang berisikan motto Jawa Barat.

Bentuk bulat telur pada lambang Jawa Barat mewakili perisai sebagai simbol perlindungan.

Makna dari logo Jawa Barat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Padi: Melambangkan bahan makanan pokok masyarakat Jawa Barat dengan 17 butir gabah yang menggambarkan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia.
  2. Kapas Satu Tangkai: Melambangkan kesuburan sandang, dengan 8 kuntum bunga yang melambangkan bulan proklamasi Republik Indonesia.
  3. Kujang: Merupakan alat serbaguna yang dianggap sebagai senjata khas masyarakat Sunda. Lima buah lubang pada salah satu sisi kujang melambangkan lima dasar pokok negara “Pancasila”.
  4. Gunung: Melambangkan sebagian besar wilayah Jawa Barat yang merupakan daerah pegunungan.
  5. Sungai: Melambangkan sistem terusan, saluran, dan laut yang menjadi ciri alam Jawa Barat.
  6. Petak-Petak di Bawah Gunung: Melambangkan lahan pertanian berupa sawah, ladang, dan perkebunan sebagai kekayaan alam Jawa Barat.
  7. Dam/Bendungan: Melambangkan kegiatan di bidang irigasi yang menjadi salah satu perhatian utama Jawa Barat sebagai daerah agraris.
0 Komentar