Waktu Tempuh Melalui Tol Cisumdawu-Kertajati Hanya 50 Menit, Bisa Irit Bahan Bakar dan Waktu?

Tol Cisumdawu-Kertajati
Tol Cisumdawu-Kertajati (ekonomi.bisnis.com)
0 Komentar

sumedangekspres– Tol Cisumdawu-Kertajati, jika kamu menggunakan timer ternyata jarak dari Bandung ke Kertajati lebih cepat karena -+ 50 Menit saja. Dibandingkan jika menggunakan jalan biasa bisa mencapai 3 jam atau lebih.

Tol Cisumdawu-Kertajati, Pembangunan infrastruktur jalan tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan (Cisumdawu) akhirnya selesai dan diresmikan. Tol Cisumdawu ini memangkas waktu tempuh perjalanan antara wilayah sekitar Kota Bandung dengan fasilitas Bandara Kertajati di Jawa Barat (Jabar) menjadi 45-60 menit.

Jalan tol ini menghubungkan kota Bandung melalui jalan tol Cipularang ke jalan tol Cipali

Baca Juga:Ke Cisoka Eco Green Park Bareng Ayang, Nikmati Pemandangan dan Panorama di Perbukitan di Sumedang.Wisata Religi dan Keagamaan di Sumedang, Masya Allah Kemegahan Masjid Bikin Kamu Kagum!

Infrastruktur jalan tol itu akan menunjang aktivitas pada fasilitas Bandara Kertajati dalam beberapa waktu ke depan. Pasalnya, keberadaan tol ini dapat mempermudah konektivitas dengan daerah-daerah sekitarnya.

Alhasil, pada Oktober 2023 akan terjadi peningkatan aktivitas secara masif pada fasilitas bandara itu.

Adanya dukungan itu, akan mendorong Bandara Kertajati menjadi lebih besar. Sebab, banyak investasi dari berbagai negara luar sudah berkeinginan untuk berinvestasi pada fasilitas tersebut.

Presiden menjelaskan, pembangunan infrastruktur jalan tol sepanjang 61,6 kilometer (km) tersebut menghabiskan anggaran mencapai Rp 18,3 triliun.

Adapun perinciannya, anggaran yang berasal dari pemerintah Rp 9,07 triliun, sisanya menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) dari swasta sebesar Rp 9,23 triliun.

Pada infrastruktur jalan tersebut, memiliki terowongan kembar (twin tunnel) yang memiliki panjang 472 meter. Terowongan yang dibangun itu, merupakan yang pertama kali ada di Indonesia.

Itulah Tol Cisumdawu-Kertajati. Semoga bermanfaat!

0 Komentar