Cerita Inspiratif Tokoh Lokal Sumedang Paling Berpengaruh yang Dapat Menginspirasi Para Perempuan Generasi Muda

Cerita Inspiratif Tokoh Lokal Sumedang Paling Berpengaruh yang Dapat Menginspirasi Para Perempuan Generasi Muda
Cerita Inspiratif Tokoh Lokal Sumedang Paling Berpengaruh (wikipedia)
0 Komentar

sumedangekspres – Cerita Inspiratif Tokoh Lokal Sumedang yang dapat menginspirasi para generasi muda khususnya bagi perempuan.

Banyak pahlawan dan juga tokoh inspiratif di Sumedang yang berjasa bagi Sumedang. Namun kali ini kita akan membahas salah satu pahlawan atau tokoh inspirasi bagi perempuan saat ini.

Sosok Cut Nyak Dhien. Cut Nyak Dhien adalah salah satu tokoh kawasan yang memiliki ciri khas bangsawan Aceh namun tokoh inspiratif dan juga memiliki keberanian yang memperjuangkan peran perempuan.

Baca Juga:Peran Perempuan Dalam Masyarakat Lokal Sumedang, Masih Harus Diperhatikan Soal Pandangannya!Resep dan Cara Membuat Naengmyeon Mie Korea Dengan Kuah Es Batu, Cocok Jadi Santapan Musim Panas!

Pendidikan agama yang diturunkan dari keluarga adalah putri dari teku enam dan ibu seorang bangsawan dari daerah lembagar.

fakta yang menarik Cut Nyak Dhien yang di asingkan dari Aceh pada 11 Desember 1905 di pulau Jawa tepatnya Sumedang jawabarat.

Beliau merahasiakan jati dirinya dan makamnya baru diketahui secara pasti saat hingga kini makamnya menjadi tempat siarah bagi masyarakat.

Wanita tangguh, kuat, bersemangat, berani dan memiliki strategi perang yang tidak mungkin tercapai oleh Belanda sehingga Belanda kewalahan menghadapi tentara arah Cut Nyak Dhien di Aceh.

Membela apa yang dia anggap sebagai masalah kebangsaan dan agama. Keberanian dan kesopanan yang melebihi semua wanita lain, terutama dalam menegakkan cita-cita kebangsaan dan agamanya,
dan beliau berada di belakang layar dan publik pemimpin perlawanan.

Cut Nyak Dien merupakan sosok perempuan yang menjadi panutan. Rela berjuang meninggalkan rumah, hidup berpindah-pindah meninggalkan rumah. Kehilangan orang yang dicintai hingga bertemu dengan pengkhianatan namun hal tersebut tidak membuat beliau putus asa.

Perjuanagan Nyak Dien, mungkin orang jaman dahulu tidak akan meragukannya. Keberaniannya di medan perang menjadi salah satu gerakan pelopor bagaimana perempuan menampilkan dirinya tidak selalu dipandang lebih lemah dari laki-laki.

Baca Juga:Resep Jjampong Mie pedas Korea Lezat yang Memikat LidahResep dan Cara Membuat Som Tam Rujak Pepaya Muda Ala Thailand, Asem Manis Pedes Pokonya Endulita!

Perjuangannya menegakkan kemerdekaan rakyat Aceh membuatnya masuk dalam daftar 100 Perempuan Hebat (2010) karya Fenita Agustina. Cerita Inspiratif Tokoh Lokal Sumedang.

Sikap kepahlawanan Cut Nyak Dien antara lain sebagai berikut. Cerdas dalam menggunakan strategi perang. Mahir dalam agama karena mampu menghafal Al Qur’an. Memiliki keberanian dan ketegasan melawan penjajah.

Hal-hal yang bisa ditauladani dari perjuangan Cut Nyak Dien:

0 Komentar