Mandalaherang Prioritaskan Ketahanan Pangan

Mandalaherang Prioritaskan Ketahanan Pangan
OPTIMIS: Sekretaris Desa Mandalaherang, Susilawati S Sos., saat memaparkan Program Ketahanan Pangan di Desa Mandalaherang kepada Sumeks baru-baru ini.(istimewa)
0 Komentar

CIMALAKA– Desa Mandalaherang, Kecamatan Cimalaka, alokasi anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023 pada beberapa program yang menunjang ketahanan pangan. Hal ini disampaikan Kepala Eded Ruspendi melalui Sekretaris Desa Mandalaherang Susilawati S Sos.

“Beberapa program kegiatan yang mendukung program ketahanan pangan diantaranya program pembangunan infrastruktur yaitu pembangunan TPT tanah kas asset desa di Dusun Cicelot peruntukan untuk pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) ,” ujarnya.

Yang kedua, lanjut Susilawati, di bidang perikanan pengadaan bibit ikan bagi kelompok Sugih Mukti Mandalaherang, ketiga bidang peternakan yaitu pengadaan ternak bibit ternak domba indukan bagi kelompok ternak Dusun Gelembung.

Baca Juga:Memori Nostalgia: Embracing the Vintage Outfit 80s Aesthetic RevivalMenemukan Keseimbangan: Gaya Flanel dan Jeans dengan Aksen Vintage Converse pada Era 90-an

“Keempat Bidang pemberdayaan diantaranya pelatihan pembuatan pupuk organik Formulasi pupuk padat (Sipukpa), penyuluhan pertanian bagi KWT dan kader, serta penyuluhan Kelompok tani ( Poktan) hutan desa,” ucap Susilawati.

Dia berharap tiap tahun selalu ada bantuan, baik berupa pengadaan, ataupun berupa bantuan kepada kelompok tani dan ternak.

“Disamping itu adanya bantuan berupa rangsangan, seperti pelatihan dan penyuluhan untuk kelompok-kelompok tani dan ternak yang ada di Desa Mandalaherang. Hal ini bertujuan agar bantuan yang disalurkan dari anggaran DD Mandalaherang, bisa tepat guna,” ucapnya.

Pemerintahan Desa Mandala herang berharap bantuan bagi semua kelompok tani dan ternak bisa dijadikan tambahan usaha bagi kelompoknya masing-masing. Baik bagi kelompok perikanan, pertanian ataupun peternakan.

“Semoga bisa meningkatkan perekonomian khususnya untuk kelompok yang bersangkutan dan umumnya bagi perekonomian masyarakat yang ada di Desa Mandalaherang,” ujarnya.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah yang sudah dua tahun memberikan bantuan untuk program ketahanan pangan.(ahm)

0 Komentar