Balincong, Senjata Tradional Jawa Barat yang Konsepnya Mirip Senjata Ninja Jepang

Balincong, Senjata Tradional Jawa Barat yang Konsepnya Mirip Senjata Ninja Jepang
Balincong, Senjata Tradional Jawa Barat (ist/wikipedia)
0 Komentar

sumedangekspres – Balincong, Senjata Tradional Jawa Barat yang Konsepnya Mirip Senjata Ninja Jepang.

Balincong merupakan salah satu senjata tradisional khas Jawa Barat yang memiliki bentuk khas seperti kapak.

Alat ini sering digunakan untuk menggali tanah dan memecahkan batu.

Meski berbentuk seperti kapak, balincong memiliki satu keistimewaan yang membedakannya dari kapak tradisional lainnya: ia memiliki dua mata tajam yang berlawanan arah.

Baca Juga:Keunikan Kujang, Senjata Tradional Jawa Barat : Benarkah Senjata Ini Jimat yang Menyimpan Kekuatan Magis Para Dewa?Peringati HUT ke-78 RI, Plh Wali Kota Bandung Ajak Kibarkan Bendera Mulai 1 Agustus

Satu sisi mata Balincong diarahkan sejajar dengan gagang, sedangkan sisi lainnya tegak lurus dengan gagang.

Dengan bentuk yang mirip beliung, balincong memiliki perbedaan utama dengan pajul yaitu ujungnya yang lancip bukan lebarnya.

Balincong memiliki dua ujung, yang satu runcing dan yang lainnya rata. Senjata ini memiliki dua bilah yang lebih tajam dan lebih tipis, yang membedakannya dari kapak tradisional.

Fungsi utama balincong adalah penghancur batu dan penggalian tanah sehingga sering digunakan dalam berbagai kegiatan pertanian dan pekerjaan sehari-hari.

Keunikan bentuk dan fungsinya menjadikan balincong sebagai simbol penting kearifan lokal di Jawa Barat.

Senjata tradisional ini menunjukkan kepiawaian dan kepiawaian masyarakat Jawa Barat dalam menghadapi tantangan lingkungannya, terutama menghadapi tanah dan batu.

Apalagi, balincong juga merupakan bagian dari budaya dan warisan leluhur yang terus dilestarikan masyarakat Jawa Barat hingga saat ini.

Baca Juga:Potensi Seni Ukir di Sumedang, Pernah Menembus Pasar Mancanegara!Cara Melestarikan Budaya Sunda di Sumedang, Urang Sunda Kedah Terang!

Secara konsep Balincong mirip dengan KAMA yang merupakan senjata ninja di Jepang. Kemiripannya terletak pada fakta bahwa keduanya merupakan alat pertanian yang bisa dijadikan senjata.

Demikian pembahasan mengenai Balincong, Senjata Tradional Jawa Barat yang Konsepnya Mirip Senjata Ninja Jepang.***

0 Komentar