Ternyata Beginilah Kisah Sunan Kalijaga Menangkap Cahaya Petir Dengan Kris Kyai Sengkelat!

Ternyata Beginilah Kisah Sunan Kalijaga Menangkap Cahaya Petir Dengan Kris Kyai Sengkelat!
Ternyata Beginilah Kisah Sunan Kalijaga Menangkap Cahaya Petir Dengan Kris Kyai Sengkelat!(tokopedia)
0 Komentar

Menurut bukunya Pesona Tosan Aji, keris Kyai Sengkelat konon dibuat oleh pandai besi bernama Ki Supa. Kyai Sengkelat terbuat dari besi Akadiyat yang berukuran sebesar lilin. Bahan besi itu kemudian diubah menjadi keris oleh Ki Supa dengan cara dipijat, karena tidak bisa ditempa dengan pemanasan api tradisional.

Setelah jadi, keris tersebut diberi nama Kyai Sengkelat karena warnanya yang merah indah. Menurut Sunan Kalijaga, keris ini tidak cocok untuk ulama. Maka, Sunan Kalijaga meminta Ki Supa untuk menyimpan keris Kyai Sengkelat untuk diberikan kepada raja yang akan memerintah pulau Jawa.

Beranda Kepulauan Sumatera Utara Sumatera Selatan Jawa Barat Jawa Tengah & DIY Jawa Timur Makassar Manado Batam Index Beranda Kepulauan Sumatera Utara Sumatera Selatan Jawa Barat Jawa Tengah & DIY Jawa Timur Makassar Manado Index Batam Login Beranda Cerita Pagi Cerita Keris Sunan Kalijaga Hasan Kurniawan Pemukiman dari Kyai Minggu 05/02/2023 – 05:
05 WIB tayang:

Baca Juga:Inilah Sejarah Keris Mpu Gandring, Yang Di Anggap Membawa Petaka!Ternyata Beginilah Asal Mula Keris Jawa!

11.475 A A A Sea Clove kemudian memanggil Celuring, seorang pencuri sakti. Ia diminta mencuri keris dari tangan Ki Supa. Perintah ini berjalan dengan mudah. Seketika itu juga keris Kyai Sengkelat berpindah tangan. Sebagai hadiah, Celuring diberikan jabatan gubernur di Blambangan.

Namun Sunan Kalijaga pemilik keris tersebut mengetahui bahwa Kyai Sengkelat telah dicuri oleh Celuring dan sudah berada di Blambangan. Ia pun memerintahkan Ki Supa untuk mengambil kembali keris tersebut, karena ia khawatir jika menggunakan orang yang salah, hanya akan membawa malapetaka. Ki Supa lalu menyamar ke Blambangan.

Selama perjalanannya ke Blambangan, dia menggunakan nama lain untuk menutupi jejaknya. Usaha Ki Supa berhasil. Dia memasuki Blambangan tanpa diketahui dan menyamar sebagai Ki Pitrang.

Dia kemudian bekerja untuk tuan Sarap, salah satu pandai besi Blambangan yang kuat. Namun kepintaran Ki Pitrang alias Ki Supa tetap tak tertandingi. Anggotanya dengan cepat menjadi terkenal. Raja Siung Lautan juga tertipu. Ia mendatangi Ki Pitrang dan meminta dibuatkan replika persis dari keris Kyai Sengkelat.

0 Komentar