Mengenal Seni Tari Wayang Gatotkaca Gaya Khas Sumedang

Mengenal Seni Tari Wayang Gatotkaca Gaya Khas Sumedang
(sumber foto: romadecade)
0 Komentar

sumedangekspres – Tarian merupakan salah satu bentuk ekspresi budaya yang kaya akan nilai tradisi dan estetika. Mengenal Seni Tari Wayang Gatotkaca Gaya Khas Sumedang.

Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan dan keindahan tersendiri dalam berbagai jenis tarian. Salah satu tari tradisional yang asyik untuk dipelajari adalah tari Wayang Gatotkaca yang memiliki corak khas dari daerah Sumedang Jawa Barat.

Tari Wayang Gatotkaca merupakan salah satu jenis tarian wayang yang bercerita tentang wayang, yaitu cerita tentang wayang atau tokoh Jawa yang melegenda.

Baca Juga:Wisata Petik Strawberry di Kebun Strawberry Dataran Tinggi Jawa Barat, Ada di Sumedang?Resep dan Cara Membuat Tomyam Thailand Rahasia Citra Pedas dan Segar Khas Thailand

Wayang Gatotkaca memiliki cerita yang berkisah tentang tokoh Gatotkaca, putra Bima, salah satu pahlawan dalam cerita Mahabharata.

Gatotkaca digambarkan sebagai tokoh pewayangan yang kuat, pemberani, dan cerdas. Dia memiliki kualitas heroik yang harus menjadi contoh bagi para pendengarnya.

Dalam tarian ini, gerakan yang dilakukan oleh para penari secara visual dan indah menggambarkan ciri dan ciri khas Gatotkaca.

Perkembangan tari wayang Sumedang

Mengenal Seni Tari Wayang Gatotkaca Gaya Khas Sumedang. Perkembangan tari wayang d Jawa Barat pernah mengalami masa keemasannya sejak tahun 1920-an hingga tahun 1980-an.

Beberapa tokoh senima tari di Jawa Barat yang memiliki andil besar yang melahirkan  karya-karya tari wayang di Jawa Barat khususnya di daerah Priangan diantaranya seperti: R. Ono Lesmana, Wiranatakusumah, Aom Ayot, Sambas Wirakusumah, dan T.B Oemay Martakusumah.

Karya-karya tari wayang menjadi sumber inspirasi pada tahun 1970 yaitu karya Raden Ono Lesmana Kartadikusumah asal dari daerah Sumedang.

Kehadiran tari Wayang Sumedang tidak luput dari adanya campur tangan Raden Ono Lesmana Kartadikusumah yang memiliki ide cemerlang dalam dunia tari.

Baca Juga:Skintific Moisturizer Rekomendasi Skincare untuk Memperkuat Skin BarrierMenganal Sunscreen The Originote yang Affordable dan Aman Dikantong Pelajar Anti White Case

Tari Wayang di kabupaten Sumedang diciptakan oleh Raden Ono Lesmana Kartadikusumah sering disebut juga tari Wayang Kasumedangan. Dan dari sekian banyaknya tarian yang diciptakan oleh Raden Ono Lesmana Kartadikusumah adalah tari Wayang.

Pada tahun 1942, Raden Ono menciptakan 2 pertunjukan tari Gatotkaca, yang menampilkan tarian individu dan tarian kelompok.

0 Komentar