Dr Aqua Dwipayana: Peningkatan Kompetensi Komunikasi Karyawan adalah Upaya Berkelanjutan dan Tanpa Henti

Dr Aqua Dwipayana: Peningkatan Kompetensi Komunikasi Karyawan adalah Upaya Berkelanjutan dan Tanpa Henti
0 Komentar

Pria yang tinggal di Bogor, Jawa Barat itu mengatakan peningkatan kemampuan komunikasi di internal perusahaan menjadi fondasi penting bagi kelancaran proses bisnis. Perusahaan-perusahaan kini semakin sadar bahwa memiliki karyawan yang mampu berkomunikasi dengan jelas dan efisien akan membantu menghindari miskomunikasi yang dapat menghambat alur kerja.

Untuk itu, lanjut Dr Aqua Dwipayana, berbagai program pelatihan dan pengembangan komunikasi telah diperkenalkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara, mendengarkan, dan menulis bagi para karyawan. Dengan demikian, kolaborasi tim dapat ditingkatkan, inovasi diinternalisasi, dan solusi-solusi lebih cepat ditemukan.

Lebih jauh disampaikan, pihak eksternal seperti mitra bisnis dan pelanggan juga memainkan peran penting dalam kesuksesan suatu perusahaan. Kemampuan komunikasi yang kuat akan membantu perusahaan menjalin hubungan yang lebih baik dengan para mitra bisnis, yang pada akhirnya dapat mempercepat pengambilan keputusan, meningkatkan efisiensi, dan menghasilkan kolaborasi yang saling menguntungkan.

Baca Juga:PJ Bupati Maybrat berguru ke SumedangPj Bupati Maybrat: Warga Eksodus Sudah Kembali ke Kampung Halaman, Bahkan Mendapat Jaminan Keamanan dari Pemerintah

“Dalam hal berinteraksi dengan pelanggan, kemampuan untuk mendengarkan secara aktif dan merespons kebutuhan serta masukan mereka akan mengarah pada peningkatan kualitas layanan. Perusahaan yang mampu menjalin komunikasi yang empatik dengan pelanggan akan membangun loyalitas yang lebih kuat dan mampu mengatasi masalah yang muncul dengan lebih cepat,” kata Dr Aqua Dwipayana menguraikan.

*Langkah Penting*
Lebih jauh, Dr Aqua Dwipayana menyampaikan bahwa peningkatkan kompetensi komunikasi karyawan dalam sebuah perusahaan merupakan langkah penting untuk memastikan efektivitas, kolaborasi, dan pemahaman yang baik di antara semua anggota tim.

Mantan wartawan di banyak media besar itu menjelaskan beberapa langkah yang dapat membantu dalam meningkatkan kompetensi komunikasi karyawan dalam perusahaan.

Pertama, sediakan pelatihan komunikasi kepada karyawan. Kegiatan ini dapat mencakup keterampilan berbicara di depan umum, keterampilan mendengarkan, serta komunikasi tulisan dan verbal yang efektif. “Termasuk sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi yang saya sampaikan atas undangan dari sahabat saya, Mas Cipto adalah bentuk kepedulian pimpinan perusahaan pada kompetensi para karyawan, khususnya dalam hal komunikasi,” kata Dr Aqua Dwipayana.

Selanjutnya, mendorong komunikasi yang terbuka antara tim. Adakan pertemuan rutin, baik dalam bentuk rapat harian atau mingguan, agar semua anggota tim dapat berbagi informasi, perkembangan proyek, dan tantangan yang dihadapi.

0 Komentar