Dr Aqua Dwipayana: Peningkatan Kompetensi Komunikasi Karyawan adalah Upaya Berkelanjutan dan Tanpa Henti

Dr Aqua Dwipayana: Peningkatan Kompetensi Komunikasi Karyawan adalah Upaya Berkelanjutan dan Tanpa Henti
0 Komentar

“Juga, pastikan karyawan memiliki akses dan pemahaman yang baik terhadap alat komunikasi yang digunakan, seperti e-mail, platform kolaborasi online, dan aplikasi pesan instan. Bantu mereka memahami cara terbaik menggunakannya,” kata Dr Aqua Dwipayana menegaskan.

Langkah berikut ungkap pria yang berasal dari Kota Padang, Sumatera Barat ini adalah memastikan bahwa komunikasi dalam struktur hierarki organisasi berjalan lancar. Karyawan harus merasa nyaman untuk berbicara dengan atasan mereka tentang ide, masalah, atau kekhawatiran.

“Promosikan budaya umpan balik yang konstruktif. Berikan umpan balik secara teratur kepada karyawan tentang kinerja mereka, dan dorong mereka untuk memberikan masukan yang bermanfaat kepada rekan kerja,” kata Dr Aqua Dwipayana.

Baca Juga:PJ Bupati Maybrat berguru ke SumedangPj Bupati Maybrat: Warga Eksodus Sudah Kembali ke Kampung Halaman, Bahkan Mendapat Jaminan Keamanan dari Pemerintah

Menurut pria rendah hati ini paling penting adalah memimpin dengan keteladanan dalam komunikasi. Jika manajemen dan pimpinan perusahaan menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik, karyawan akan cenderung mengikuti contoh tersebut.

“Sertakan apresiasi dan pengakuan dalam komunikasi. Ini dapat mencakup pengakuan atas prestasi karyawan atau pencapaian tim dalam berbagai bentuk komunikasi, seperti pertemuan atau papan pengumuman,” ujar Dr Aqua Dwipayana.

*Jadikan 5S Kebiasaan Rutin*
Semua karyawan, lanjut Dr Aqua Dwipayana, agar bersama-sama konsisten melakukan budaya 5S. Jadikanlah hal itu sebagai kebiasaan rutin dalam upaya memberikan layanan prima kepada semua tamu.

Pria yang hobi silaturahim itu menguraikan tentang budaya 5S yakni senyum, salam, sapa, sopan, dan santun. Jadikanlah hal itu sebagai kebiasaan rutin dalam upaya memberikan layanan prima kepada semua tamu. Berikut uraiannya.

Senyum
Senyum merupakan ibadah, biasanya seseorang tersenyum karena mereka sedang bahagia, senang gembira suka dan sebagainya. Senyuman menambah manisnya wajah, senyuman dapat melumpuhkan musuh, menyembuhkan penyakit , perekat tali persaudaraan dan biasa jadi sarana tercapainya perdamaian.

Salam
Dalam Islam diajarkan salam berupa “Assalamu’alaikum warahmatullahi Wabarokatuh” yang artinya salam sejahtera, rahmat Allah dan berkatNya atas kamu. Salam juga merupakan bentuk pernyataan hormat. Jika seseorang memberi salam kepada orang lain berarti seorang itu bersikap hormat kepada orang yang dia beri salam.

Sapa

0 Komentar