Sesar Aktif di Jawa Barat, Masyarakat Jabar Harus Waspada Tentang Bencana Alam Ini, Simak Selengkapnya!

Sesar Aktif di Jawa Barat, Masyarakat Jabar Harus Waspada Tentang Bencana Alam Ini, Simak Selengkapnya!
Sesar Aktif di Jawa Barat, Masyarakat Jabar Harus Waspada Tentang Bencana Alam Ini, Simak Selengkapnya! (PINTEREST/nytimes.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Sesar Aktif di Jawa Barat, Masyarakat Jabar Harus Waspada Tentang Bencana Alam Ini, Simak Selengkapnya!

Sesar adalah retakan atau patahan di kerak bumi di mana dua batuan bergerak relatif satu sama lain.

Gerak relatif ini bisa horizontal (meluncur), vertikal (naik atau turun), atau kombinasi keduanya. Patahan terbentuk karena tekanan dan gaya di kerak bumi.

Baca Juga:Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat Siap Melayani 24 Jam, Kepoin Lokasi Dan Fasilitasnya DisiniCara Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Penghasil Uang Dan Sosial Media di Playstore Indonesia

Ketika tekanan yang diberikan melebihi kekuatan batu untuk menahannya, batu tersebut akan pecah dan bergerak, melepaskan energi.

Pelepasan energi ini menyebabkan gempa bumi. Sesar adalah sumber utama gempa bumi.

Gempa bumi terjadi ketika energi yang dilepaskan oleh gerakan patahan bergerak dalam bentuk gelombang seismik melalui kerak bumi, menciptakan getaran di permukaan bumi yang kita rasakan seperti gempa bumi.

Gempa bumi dapat merusak struktur dan infrastruktur, serta menimbulkan potensi bahaya bagi kehidupan manusia dan lingkungan.

Oleh karena itu, memahami dan mempelajari patahan sangat penting dalam upaya memahami dan memprediksi gempa bumi.

Sesar Cugenang

Sesar yang baru ditemukan BMKG tersebut berada di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur dan telah teridentifikasi sebagai penyebab gempa Cianjur pada 21 November 2022.

Karena jalur patahan tersebut berada di wilayah Cugenang, maka disebut patahan Cugenang.

Baca Juga:Bagaimana Sih Caranya Dapetin Uang 10 Juta Perhari Dari Facebook? Simak Selengkapnya Disini!Cara Mendapatkan Uang Dengan Mudah Cepat Dan Halal Lewat Internet Yang Bisa Dilakukan Sambil Kerja Pabrik

Gempa Cianjur diduga akibat aktivitas di sesar Cimandiri karena pusat gempa berada di dekat sesar.

Nah itulah artikel tentang Sesar Aktif di Jawa Barat, Masyarakat Jabar Harus Waspada Tentang Bencana Alam Ini, Simak Selengkapnya!

0 Komentar