Sejarah Universitas Sebelas April Sumedang

Sejarah Universitas Sebelas April Sumedang
(unsap.ac.id)Sejarah Universitas Sebelas April Sumedang
0 Komentar

Pada tanggal 29 Januari 1982, diadakan pertemuan kembali yang pada akhirnya menghasilkan kesepakatan tentang pembentukan kepanitiaan yang dikukuhkan dengan SK Bupati Kepala Daerah Tingkat II Sumedang No. 10/KS.415/SK/1982 tentang Panitia Persiapan Pendirian Perguruan Tinggi.

Dan pada hari Senin, 17 Mei 1982 pukul 15.30 bertempat di rumah Bupati Sumedang di Gudang Kopi, terbentuklah Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang (YPSA) yang disahkan oleh notaris Christy S. Sutadikusumah, S.H. dengan akta notaris Nomor: 24 Tanggal 17 Mei 1982 dan selanjutnya disahkan oleh Pengadilan Negeri Sumedang Nomor: 68/1982 Tanggal 18 September 1982.

Panitia Persiapan Pendirian Perguruan Tinggi saat itu membentuk Universitas Sebelas April Sumedang (Unsap) Sumedang dengan menawarkan 5 Fakultas, yaitu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian.

Baca Juga:Ingin Mendaki Gunung ? Baca Tips And Trick Terlebih Dahulu Agar Tidak TersesatThe Origin of Species Manhwa Paling Laku Nih Kenapa Ya ?

Ternyata, dari kelima fakultas tersebut, hanya dua fakultas yang banyak peminatnya, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ekonomi.

Karena terbentur pada syarat-syarat terbentuknya suatu universitas, yakni harus ada fakultas eksak, maka Unsap Sumedang tidak dapat langsung dibentuk.

Sambil menunggu persiapan menjadi sebuah universitas, berdasarkan hasil pertimbangan yang matang dari para pengurus YPSA Sumedang, maka dibentuk terlebih dahulu sekolah-sekolah tinggi diantaranya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berasal dari FKIP Unsap Sumedang yang sekarang dikenal dengan STKIP Sebelas April Sumedang.

Pada perkembangan berikutnya dibentuk sekolah tinggi yang lain yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang berasal dari Fakultas Ekonomi Unsap Sumedang yang sekarang dikenal dengan STIE Sebelas April Sumedang, STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Sebelas April Sumedang, STBA (Sekolah Tinggi Bahasa Asing) Sebelas April Sumedang, STIA (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi) Sebelas April Sumedang, STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Sebelas April Sumedang dan STIKes (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Sebelas April Sumedang.

Setelah melewati proses yang panjang dan menunggu bertahun-tahun, pada tahun 2021 akhirnya perguruan tinggi berbentuk universitas yang didamba-dambakan bisa terwujud.

Sejumlah perguruan tinggi yang sebelumnya masih bernama sekolah tinggi meleburkan diri menjadi bagian dari Universitas Sebelas April (Unsap) Sumedang.

0 Komentar