Sejarah Universitas Sebelas April Sumedang

Sejarah Universitas Sebelas April Sumedang
(unsap.ac.id)Sejarah Universitas Sebelas April Sumedang
0 Komentar

Perubahan menjadi universitas didahului dengan dilakukannya pengecekan kelengkapan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristekdikti pada bulan April 2021.

Kelengkapan yang diperiksa terkait dengan aspek-aspek kelayakan kampus perguruan tinggi Sebelas April untuk menjadi sebuah universitas.

Aspek-aspek yang diperiksanya seperti jumlah gedung yang ada, surat-surat perizinan (legalitas), jumlah SDM, organ yayasan, rasio dosen dan mahasiswa serta aspek terkait lainnya.

Baca Juga:Ingin Mendaki Gunung ? Baca Tips And Trick Terlebih Dahulu Agar Tidak TersesatThe Origin of Species Manhwa Paling Laku Nih Kenapa Ya ?

Dan hasilnya, aspek-aspek yang diperiksa tersebut telah memenuhi persyaratan untuk dibentuknya sebuah universitas.

Dan pada tanggal 26 Juli 2021, terbitlah Surat Keputusan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristekdikti Nomor 7318/E1/TP.01.06/2021.

Berdasarkan SK tersebut, perguruan tinggi Sebelas April (PTSA) termasuk STMIK Sumedang resmi menjadi sebuah universitas dengan nama Universitas Sebelas April (Unsap) Sumedang.

Dengan diresmikannya universitas ini, maka sekolah tinggi yang sebelumnya ada di dalam naungan Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang berubah statusnya menjaadi fakultas.

Total dari tujuh sekolah tinggi yang berubah menjadi enam fakultas yaitu STKIP Sebelas April Sumedang berubah menjadi Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP), STIE Sebelas April Sumedang menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), STBA Sebelas April Sumedang menjadi Fakultas Ilmu Budaya (FIB), STIA Sebelas April Sumedang menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), STMIK Sebelas April Sumedang menjadi FTI (Fakultas Teknologi Informasi) dan STIKes Sebelas April Sumedang menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes). Sementara STAI Sebelas April Sumedang masih dalam proses penggabungan.

Dari enam fakultas tersebut, ada 18 program studi yang sudah tersedia untuk dipilih oleh mahasiswa Unsap.

Ke-18 program studi tersebut adalah Magister Manajemen (S2); Ilmu Administrasi (S2); Profesi Ners (Program Profesi); Akuntansi (S1); Manajemen (S1); Ilmu Keperawatan (S1); Ilmu Administrasi Negara (S1); Kesehatan Masyarakat (S1); Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1); Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1); Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1); Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (S1); Pendidikan Matematika (S1); Pendidikan Teknik Mesin (S1); Sastra Inggris (S1); Sistem Informasi (S1); Teknik Informatika (S1); dan Manajemen Informatika (D3).

0 Komentar