Pernah Main Alat Musik Tradisional Angklung, Yuk Cari Tau Angklung Berasal Darimana Sich?

Pernah Main Alat Musik Tradisional Angklung, Yuk Cari Tau Angklung Berasal Darimana Sich?
Pernah Main Alat Musik Tradisional Angklung, Yuk Cari Tau Angklung Berasal Darimana Sich? (ISTIMEWA/FREEPIK)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Pernah Main Alat Musik Tradisional Angklung, Yuk Cari Tau Angklung Berasal Darimana Sich?

Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Angklung terbuat dari potongan bambu yang dipasang sedemikian rupa sehingga menimbulkan bunyi jika digoyang. Merupakan alat musik yang unik dan menarik, dengan suara yang indah dan merdu.

Angklung Bandung adalah sebuah grup musik atau band yang menggunakan alat musik angklung dalam pertunjukannya.

Baca Juga:Destinasi Wisata Alam Pantai Sumedang Jawa Barat, Punya Kesamaan Dengan Pantai Kuta BaliDestinasi Adalah: Inilah Pengertian Destinasi Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Grup angklung biasanya terdiri dari beberapa musisi angklung yang bekerja sama untuk menciptakan musik yang harmonis. Mereka dapat memainkan banyak lagu dan nada yang berbeda pada angklung, sehingga menciptakan pengalaman musik yang istimewa.

Sejarah Angklung Sunda

Angklung berasal dari bahasa Sunda angklung-angkleungan yang berarti gerak pemain angklung dan bunyi klung yang dikeluarkannya.

Secara etimologis, angklung berasal dari kata “angka” yang berarti melodi dan “paru” yang berarti patah. Oleh karena itu, angklung mengacu pada nada yang rusak atau tidak lengkap.

Bentuk angklung terdiri dari dua batang bambu atau lebih yang ukurannya berbeda-beda tergantung kebutuhan memainkan nada tinggi dan rendah, berbentuk seperti alat musik calung.

Menurut Dr Groneman, Angklung sudah ada di nusantara bahkan sebelum masa Hindu. Menurut Jaap Kunst dalam bukunya Music in Java, selain di Jawa Barat, Angklung juga terdapat di Sumatera Selatan dan Kalimantan. Selain itu, masyarakat di Lampung, Jawa Timur, dan Jawa Tengah juga mengenal alat musik ini.

Pada Kerajaan Sunda (abad 12 – 16), Angklung merupakan salah satu bentuk pemujaan terhadap Nyai Sri Pohaci sebagai lambang Dewi Sri (dewi padi/dewi kesuburan).

Selain itu, konon Angklung juga merupakan alat musik yang digunakan sebagai perangsang spiritual pada saat perang, seperti yang diceritakan oleh Kidung Sunda.

Baca Juga:Destinasi Adalah: Inilah Pengertiannya Menurut 2 Ahli Dunia Yang Harus Kamu TahuPengertian, Cara Penggunaan Sampai Cara Penempatan Kata Destinasi Yang Benar, Destinasi Adalah?

Dua tokoh yang berperan penting dalam perkembangan Angklung di Jawa Barat adalah Daeng Soetigna, bapak angklung diatonis, dan Udjo Ngalagena yang mengembangkan teknik bermain berdasarkan akord pelog dan salendro.

0 Komentar