Yuk Kita Mengenal Sejarah Kota Bandung, Ada 8 Jejak Kerajaan Pajajaran Loh!

Yuk Kita Mengenal Sejarah Kota Bandung, Ada 8 Jejak Kerajaan Pajajaran Loh!
Yuk Kita Mengenal Sejarah Kota Bandung, Ada 8 Jejak Kerajaan Pajajaran Loh!/ist
0 Komentar

sumedangekspres – Yuk Kita Mengenal Sejarah Kota Bandung, Ada Jejak Kerajaan Pajajaran Lho!

Cus guys, kita bahas bukti jejak Kerajaan Pajajaran yang keren abis! BTW, jejak ini lokasinya di sekitar Bandung ya!

Kerajaan Pajajaran itu dulu salah satu kerajaan gede di Jawa Barat, loh.

Baca Juga:Surganya Perhiasan dan Aksesoris Terbaru 2023, Yaa di Bandung LahHijab yang Cocok untuk Baju Warna Biru Muda Apa Ya? Kuyyyy Intip!

Berdiri di abad ke-14, dan meski udah lama runtuh di abad ke-16, mereka masih ninggalin jejak keren di mana-mana di Jawa Barat, guys!

1. Babad Pajajaran

Babad Pajajaran, naskah kuno dalam bahasa Sunda, beneran bikin kita bisa ngeh dari awal berdirinya Kerajaan Pajajaran sampe keruntuhannya. Ini catatan sejarah yang gokil banget, lho!

2. Prasasti Kawali

Ada juga Prasasti Kawali, yang ditemuin di Desa Kawali, Ciamis. Prasasti ini abad ke-15 banget, bikin kita tahu Kawali pernah jadi ibu kota Kerajaan Pajajaran. Keren, kan?

3. Prasasti Sanghyang Tapak

Prasasti Sanghyang Tapak, ini bikin kita inget kemenangan pasukan Kerajaan Pajajaran atas Swarnabumi. Prasasti ini lho, udah ada sejak abad ke-11, dan dibuat oleh Maharaja Jayabhupati.

4. Carita Waruga Guru

Ada juga punya Carita Waruga Guru, naskah kuno yang ceritain sejarah Kerajaan Sunda dan jadi cikal bakal Kerajaan Pajajaran.

Dalam bahasa Sunda, naskah ini udah ada dari abad ke-16. Ceritanya tentang para raja, termasuk Prabu Siliwangi, guys!

5. Tugu Perjanjian Portugis

Tugu Perjanjian Portugis, ini buat nandain perjanjian antara Kerajaan Pajajaran sama Portugis tahun 1522. Ini ada di Desa Batujaya, Karawang, loh.

6. Carita Parahyangan

Baca Juga:Tampil Modis dan Ceria dengan Pilihan Outfit Baju Biru MudaWebtoon Taming The Corrupted: Spoiler Cerita Ada Disini!

Carita Parahyangan juga ceritain sejarah Kerajaan Sunda dan Kerajaan Pajajaran. Bahasa Sunda, dan naskahnya dari abad ke-16. Banyak banget cerita tentang para raja, termasuk Prabu Siliwangi.

7. Prasasti Batutulis

Prasasti Batutulis, ini ditemuin di Desa Batutulis, Bogor. Prasasti ini dari abad ke-16 dan dibuat oleh Prabu Surawisesa. Isinya tentang Prabu Surawisesa jadi raja Kerajaan Pajajaran.

8. Kebun Raya Bogor

Nih, Kebun Raya Bogor dulunya taman perburuan bikinan Prabu Siliwangi, lho! Tapi pas jaman penjajahan Belanda, mereka ubah jadi kebun raya. Keren banget, kan?

0 Komentar