Orang Bandung Wajib Banget Tahu Sejarah Kota Bandung: Jejak Kerajaan Pajajaran

Orang Bandung Wajib Banget Tahu Sejarah Kota Bandung: Jejak Kerajaan Pajajaran
(Raihan Ferezha)Orang Bandung Wajib Banget Tahu Sejarah Kota Bandung: Jejak Kerajaan Pajajaran
0 Komentar

sumedangekspres –  Orang Bandung Wajib Banget Tahu Sejarah Kota Bandung: Jejak Kerajaan Pajajaran, Kerajaan Pajajaran itu dulu salah satu kerajaan gede banget di Jawa Barat, loh.

Berdiri pada abad ke-14, dan meski udah lama runtuh di abad ke-16, mereka masih meninggalkan jejak yang keren di mana-mana di Jawa Barat!

1. Babad Pajajaran

Babad Pajajaran, naskah kuno berbahasa Sunda, sungguh memberikan wawasan mulai dari awal berdirinya kerajaan Pajajaran hingga kejatuhannya. Benar-benar catatan sejarah yang gila lho!

2. Prasasti Kawali

Baca Juga:Bandung Surganya Aksesoris Bagi Cewek-Cewek Dijamin Seru Banget Kalau Berbelanja di BandungWisata Belanja Batik di Bandung, Rekomendasi Toko Batik Bandung Kasundaan

Ada pula Prasasti Kawali yang ditemukan di Desa Kawali, Ciamis. Prasasti ini sebenarnya berasal dari abad ke-15, sehingga kita mengetahui bahwa Kawali pernah menjadi ibu kota kerajaan Pajajaran. Bukankah itu bagus?

3. Prasasti Sanghyang Tapak

Prasasti Sanghyang Tapak, ini bikin kita inget kemenangan pasukan Kerajaan Pajajaran atas Swarnabumi. Prasasti ini lho, udah ada sejak abad ke-11, dan dibuat oleh Maharaja Jayabhupati.

4. Carita Waruga Guru

Ada juga punya Carita Waruga Guru, naskah kuno yang ceritain sejarah Kerajaan Sunda dan jadi cikal bakal Kerajaan Pajajaran.

Dalam bahasa Sunda, naskah ini udah ada dari abad ke-16. Ceritanya tentang para raja, termasuk Prabu Siliwangi, guys!

5. Tugu Perjanjian Portugis

Tugu Perjanjian Portugis, ini buat nandain perjanjian antara Kerajaan Pajajaran sama Portugis tahun 1522. Ini ada di Desa Batujaya, Karawang, loh.

6. Carita Parahyangan

Carita Parahyangan juga ceritain sejarah Kerajaan Sunda dan Kerajaan Pajajaran. Bahasa Sunda, dan naskahnya dari abad ke-16. Banyak banget cerita tentang para raja, termasuk Prabu Siliwangi.

7. Prasasti Batutulis

Prasasti Batutulis, ini ditemuin di Desa Batutulis, Bogor. Prasasti ini dari abad ke-16 dan dibuat oleh Prabu Surawisesa. Isinya tentang Prabu Surawisesa jadi raja Kerajaan Pajajaran.

8. Kebun Raya Bogor

Baca Juga:Asyik Wisata Alam Bersama Keluarga Ke Bandung Zoo Beragam BinatangNih Ada Rekomen Buat Kamu yang Lagi Nyari Kostan di Bandung

Nih, Kebun Raya Bogor dulunya taman perburuan bikinan Prabu Siliwangi, lho! Tapi pas jaman penjajahan Belanda, mereka ubah jadi kebun raya. Keren banget, kan?

Jadi, peninggalan-peninggalan keren ini bukti kalau Kerajaan Pajajaran dulu emang jadi kerajaan gede di Jawa Barat.

0 Komentar