Uang Koin Kuno yang Paling dicari Kolektor: Harga Tinggi Karena Kualitas dan Kelangkaannya

Uang koin kuno yang paling dicari kolektor
Uang koin kuno yang paling dicari kolektor(pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres– Uang koin kuno yang paling dicari kolektor, saat ini kolektor uang sedang gencar mencari uang kuno untuk koleksi, bahkan di Indonesia yang pertama adalah bergambar bunga melati dengan pecahan Rp500 tahun 1992. Meski uang ini sudah ditarik peredarannya, tapi harga per kepingnya dimulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah

Jenis Uang Koin Kuno Paling Dicari
Uang koin kuno saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para kolektor. Bahkan, kolektor tersebut rela membayar mahal demi mendapatkan uang koin kuno impiannya.

Uang koin kuno sendiri adalah mata uang berbentuk koin yang telah lama terbit, bahkan bisa ratusan tahun silam.

Baca Juga:Harga Uang Koin 1000 Kelapa Sawit: Di Cari Banyak Kolektor Uang KunoCara Menggambar Uang Dolar: Mudah di Tiru dan Praktis

Meski uang kuno sudah tidak memiliki fungsi lagi, namun salah satu barang antik tersebut memiliki nilai ekonomis serta menjadi bukti peninggalan sejarah.

Karena kelangkaannya, harga per koin uang kuno tersebut bisa mencapai nilai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

  1. Uang koin bunga melati Rp500 (1992)
    Uang koin bunga melati Rp500 (1992) merupakan salah satu uang koin kuno yang diminati oleh kolektor karena keunikan dan nilai sejarahnya. Uang koin ini dicetak oleh Bank Indonesia pada tahun 1992 sebagai salah satu dari seri uang logam rupiah yang menggambarkan bunga-bunga nasional Indonesia .

Uang koin ini berdiameter 23 mm, ketebalan 1,6 mm, dan bobot 3,5 gram. Uang koin ini dibuat dari bahan kuningan (copper-zinc alloy) yang berwarna kuning. Di sisi muka uang koin ini ada gambar bunga melati (Jasminum sambac) yang adalah bunga nasional Indonesia. Di sisi belakang uang koin ini ada lambang negara Garuda Pancasila dan tulisan “Bank Indonesia” serta “500 Rupiah”.

Uang koin ini memiliki harga yang beragam tergantung pada kondisi fisik dan kejarangannya. Beberapa penjual di marketplace online menawarkan uang koin ini dengan harga yang sangat tinggi, bahkan sampai ratusan juta rupiah. Namun, seorang kolektor mengatakan bahwa harga sesungguhnya dari uang koin ini tidak perlu jutaan, melainkan hanya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per koin.

2. Uang koin Rp100 (1973)
Uang koin Rp100 (1973) adalah uang koin yang menampilkan gambar rumah gadang dan bertulis “Bank Indonesia” dan “Seratus Rupiah”. Uang koin ini terbuat dari bahan nikel dan berukuran 28 mm untuk diameter dan 2 mm untuk ketebalan. Uang koin ini diterbitkan pada tahun 1973 sampai 1978.

0 Komentar