Punya Penyakit Gondokan? Inilah Cara Alami Sembuhkan Gondok!

Cara alami sembuhkan Gondok
Cara alami sembuhkan Gondok (pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres– Cara alami sembuhkan Gondok,

Penyebab gondok beragam, tetapi umumnya disebabkan karena kekurangan yodium. Kok bisa? Alasannya kelenjar tiroid memerlukan yodium untuk memproduksi hormon tiroid. Ketika tubuh kekurangan yodium, maka kelenjar tiroid harus bekerja ekstra sehingga membesar. Lalu, bagaimana cara menyembuhkan gondok?

Ada beragam cara yang bisa dicoba. Mulai dari konsumsi obat-obatan, operasi pengangkatan tiroid, atau terapi nuklir tiroid. Selain ketiga metode tersebut, ada cara alami yang bisa dicoba untuk membantu menyembuhkan gondok.

Nah, berikut ini cara menyembuhkan gondok secara alami, yaitu:

1. Konsumsi Cukup Yodium
Penyakit gondok sering dipicu kekurangan yodium. Oleh sebab itu, cobalah konsumsi makanan yang mengandung banyak yodium. Cara ini diharapkan mampu memperkecil gondok atau pembengkakan pada kelenjar tiroid.

Baca Juga:Ciri-ciri Uang koin! Kapan Uang koin Indonesia pertama kali?Uang Koin Arab 1 Dirham Berapa Rupiah? Berikut Cara Perhitungan Sekaligus Sejarah Uang Dirham!

Cara paling simpel mendapatkan yodium lewat garam meja. Namun, perhatikan asupannya, jangan sampai berlebihan. Asupan garam yang tinggi bisa memicu berbagai keluhan, salah satunya hipertensi. Selain garam meja, kamu bisa mendapatkan asupan yodium lewat ikan, kerang, keju, yoghurt, hingga berbagai sayuran.

2. Tambah Asupan Buah-buahan
Cara menyembuhkan gondok secara alami bisa melalui asupan buah-buahan. Namun, bukan sembarang buah-buahan yang membantu menyembuhkan gondok. Pilihlah buah-buahan yang mengandung beta karoten untuk mengurangi pembengkakan pada kelenjar tiroid, salah satunya pepaya.

Selain beta karoten, ada pula zat ampisilin yang meringankan dan menyembuhkan penyakit gondok. Zat ini banyak terkandung dalam rambutan dan sirsak.

3. Manfaatkan Bawang Putih
Selain dua hal di atas, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan gondok. Bawang putih bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Cara menyembuhkan gondok dengan bawang putih simpel saja. Cucilah bawang hingga bersih, lalu kunyah bawang putih sebanyak 3 hingga 4 siung dalam satu hari.

4. Istirahat yang Cukup
Awas, penyebaran virus penyebab gondongan bisa ditularkan lewat kontak langsung, urine, atau percikan ludah pengidapnya. Oleh sebab itu, pengidap gondongan sebaiknya hindari kontak langsung dengan orang lain hingga sembuh.

Di samping itu, istirahat yang cukup juga dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan. Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), istirahat mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menghentikan penyebaran virus. Pengidap gondok sebaiknya mengistirahatkan diri di rumah, kira-kira lima hari setelah kelenjar parotis mulai membengkak.

0 Komentar