Coba Jual Uang Koin Kuno mu ke Sini, Puji Harsono Kolektor Uang Kuno Dari Mulai Uang Kerajaan Kuno Sampai Zimbabwe

Coba Jual Uang Koin Kuno mu ke Sini, Puji Harsono Kolektor Uang Kuno Dari Mulai Uang Kerajaan Kuno Sampai Zimbabwe
Coba Jual Uang Koin Kuno mu ke Sini, Puji Harsono Kolektor Uang Kuno Dari Mulai Uang Kerajaan Kuno Sampai Zimbabwe (ist/bandung.bisnis.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Coba Jual Uang Koin Kuno mu ke Sini, Puji Harsono Kolektor Uang Kuno Dari Mulai Uang Kerajaan Kuno Sampai Zimbabwe.

Bagi seorang pengoleksi, mengumpulkan benda-benda antik memberikan kepuasan yang tak ternilai. Mereka akan melakukan segala cara untuk menemukan benda-benda tersebut, bahkan jika itu berarti harus berpergian ke luar negeri.

Inilah yang dilakukan oleh Puji Harsono, seorang kolektor uang kuno asal Bandung. Dia memiliki ribuan jenis uang kuno, baik berupa uang kertas maupun uang koin dari berbagai zaman, termasuk zaman kerajaan, masa penjajahan, dan pasca-kemerdekaan. Semua koleksinya disimpan dengan rapi dalam sebuah katalog khusus.

Baca Juga:3 Uang Koin Kuno Belanda Dengan Harga Selangit, Ada yang Mengandung Emas!Daftar Kolektor Uang Kuno & No Whatsapp Aktif yang Bisa Dihubungi, 100% Deal!

Puji Harsono Kolektor Uang Kuno telah mengunjungi hampir seluruh wilayah Indonesia untuk menambah koleksinya, dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, Pelembang, Bali, hingga Makassar.

Bahkan, kadang-kadang ia harus berburu di luar negeri seperti Hongkong dan Singapura untuk mendapatkan barang-barang yang ia incar. Semua koleksi ini diperoleh dari rekan pengoleksi sesama atau dari masyarakat.

Awal ketertarikan Puji pada uang kuno dimulai sejak ia masih bersekolah di Sekolah Dasar (SD). Ketika itu, orangtuanya memiliki koin-koin Belanda yang digunakan sebagai alat tukar pada masa tersebut.

“Pertama kali saya melihat uang koin bergambar Ratu Wilhelmina yang bernilai 2,5 gulden. Huruf timbul di koin itu sangat indah. Dari situ, minat saya tumbuh,” ujar Puji dalam wawancara dengan Merdeka.com di Jalan Trunojoyo, Kamis (29/10).

Puji Harsono Kolektor Uang Kuno lebih tertarik pada uang-uang kuno Indonesia daripada uang asing, terutama uang koin dari zaman kerajaan di Indonesia. Ia menilai uang koin zaman kerajaan memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri yang sangat menarik.

Karena itulah, Puji rela menghabiskan waktu untuk mempelajari sejarah dan belajar membaca huruf Arab dan Jawa kuno, karena sebagian besar uang koin kuno tersebut memiliki tulisan dalam huruf Jawa Kuno.

“Masih banyak yang belum terungkap. Misalnya, dulu hanya ada beberapa jenis koin Palembang, sekarang ada ratusan jenis. Saya hanya memiliki satu koin Bangka, sedangkan di masa lalu tidak ada yang bisa ditemukan. Begitu juga dengan Banten, hanya ada dua jenis dulu, sekarang saya punya lima jenis. Ini belum terungkap dan harus diteliti,” ungkap Puji Harsono Kolektor Uang Kuno.

0 Komentar