Sejarah Makanan Sulawesi Selatan Coto Makassar Dan Pallubasa Rival Abadi Dari Makanan Khas Makassar

Sejarah Makanan Sulawesi Selatan Coto Makassar Dan Pallubasa Rival Abadi Dari Makanan Khas Makassar
Sejarah Makanan Sulawesi Selatan Coto Makassar Dan Pallubasa Rival Abadi Dari Makanan Khas Makassar (Pallubasa Onta/ISTIMEWA)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Sejarah Makanan Sulawesi Selatan Coto Makassar Dan Pallubasa Rival Abadi Dari Makanan Khas Makassar.

Pallubasa merupakan masakan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu dan sering dianggap sebagai saingan coto Makassar.

Pallubasa merupakan masakan berbahan dasar sup yang bercirikan penggunaan kelapa parut dan goreng dalam proses memasaknya. Awalnya sajian ini diperuntukkan bagi masyarakat kelas bawah seperti pekerja keras seperti kuli bangunan dan pengemudi cyclo. Pallubasa merupakan pilihan makanan yang terjangkau bagi mereka.

Baca Juga:Asal Usul Camilan Populer Pempek Palembang Yang Paling Diminati Oleh Masyarakat NusantaraDeretan Uang Koin Kuno Termahal di Indonesia, Nomor 1 Sangat Banyak Dicari Kolektor!

Dahulu, tukang jagal selalu mendapat porsi tambahan yang disebut tawana papolonga sebagai tambahan pembayaran. Upah ini dibayarkan oleh pemilik sapi yang tidak mengharuskan penyembelihan bagian hewan tertentu.

Beberapa bagian yang sering “dibuang” dalam proses ini antara lain telur susu (kandala’po’), baluta (darah sapi segar kemudian dibekukan), Sandung lamur, buah zakar sapi, usus kanan (parru’ lambusu’), latto-latto’ ( daging bercampur tulang rawan) dan hati yang digantung.

Tukang jagal atau papolong kemudian mengubah bagian-bagian yang dianggap sampah tersebut menjadi pallubasa. Meski memiliki persamaan dengan coto Makassar, pallubasa mempunyai perbedaan yang mendasar.

Perbedaan utamanya adalah proses merebus jeroan sapi di pallubasa memakan waktu lebih lama. Selain itu, pallubasa juga menggunakan kelapa parut goreng pada kuahnya sehingga memberikan cita rasa yang istimewa. Terakhir, pallubasa sering disajikan dengan telur rebus, menambah lapisan rasa pada hidangan ini.

Pallubasa merupakan salah satu contoh kekayaan kuliner tradisional Indonesia yang memiliki sejarah panjang dan unik. Hal ini juga menunjukkan kreativitas dalam memanfaatkan setiap bagian hewan untuk menciptakan masakan yang lezat dan bergizi.

Ada cerita menarik dari kuliner tradisional khas Sulawesi Selatan, Coto Makassar. Salah jika Anda datang ke Makassar dan melewatkan kuliner yang satu ini.

Coto Makassar adalah masakan tradisional yang berasal dari kerajaan Gowa. Perlu diketahui bahwa Kerajaan Gowa pernah berpusat di Sombaopu dan berdiri sekitar tahun 1538 Masehi. Daerah ini terletak di sebelah selatan kota Makassar saat ini.

0 Komentar