Di Luar Nurul, Uang Koin Termahal di Dunia ini Ada yang Harganya Rp 142,6 Miliar

Di Luar Nurul, Uang Koin Termahal di Dunia ini Ada yang Harganya Rp 142,6 Miliar
Di Luar Nurul, Uang Koin Termahal di Dunia ini Ada yang Harganya Rp 142,6 Miliar (ist/usacoinbook.com)
0 Komentar

Satu-satunya contoh koin elang ganda yang diketahui saat ini berada ditangan swasta yang menjualnya seharga $ 7.590.020 pada tahun 2002.

9. Double Eagle (1933)

Uang koin kuno Double Eagle adalah koin yang dicetak pada tahun 1933. Namun, koin ini ditarik dari peredaran untuk dilebur kembali.

Alasannya adalah karena Presiden Amerika Serikat pada saat itu, Theodore Roosevelt, melarang kepemilikan emas oleh siapapun.

Baca Juga:Mimpi Memungut Uang Koin di Tanah Bisa Jadi Tanda KeberuntunganGambar Uang Koin Korea : Mengungkap Sejarah dan Kecantikannya

Harga uang koin kuno ini mencapai US$7,5 juta atau sekitar Rp108,4 miliar.

Uang koin ini paling dicari kolektor Double Eagle adalah koin emas. Setidaknya 445.500 keping koin Saint-Gaudens double eagle yang dicetak pada tahun 1933.

Namun, hampir semuanya diperintahkan untuk dilebur. Hanya saja, diketahui ada 20 keping koin yang berhasil diselamatkan dari peleburan karena dicuri dan jatuh ke tangan para kolektor sebelum akhirnya ditemukan kembali.

Tetapi, 8 dari koin yang ditemukan kembali tersebut kemudian dihancurkan, menjadikannya salah satu koin paling langka di dunia.

Hingga saat ini, terdapat 14 keping yang diketahui masih ada, dan hanya satu yang dimiliki secara pribadi, yang dikenal sebagai Weitzman Specimen.

Karena koin ini tidak pernah dirilis ke publik, kepemilikan pribadi atas Dobel elang 1933 dinyatakan ilegal, kecuali untuk Weitzman Specimen.

Dua keping koin yang disengaja diselamatkan saat itu berada dalam Koleksi Numismatik Nasional Amerika Serikat.

Baca Juga:Kalo Punya Bisa Mengubah Nasib, Ini Uang Koin Kuno Indonesia yang Paling Dicari Kolektor 2023Harga Uang Koin Kuno 10 Rupiah Terbaru, Harga Tertinggi Hingga Rp9.000.000

10 sepuluh lagi disimpan di Gudang Emas Amerika Serikat di Fort Knox, dan satu koin yang ditemukan kembali yang tersisa dijual pada tahun 2002 kepada kolektor pribadi Stuart Weitzman, yang saat itu tidak diumumkan namanya, seharga 7,59 juta dolar AS (setara dengan 12,2 juta dolar pada tahun 2022), dan menjadi harga tertinggi kedua yang pernah dibayarkan dalam lelang untuk sebuah koin AS tunggal.

Koin tersebut kemudian terjual lagi kepada pembeli yang tidak diketahui identitasnya dalam lelang pada Juni 2021 dengan harga 18,8 juta dolar AS dan menjadikannya koin termahal yang pernah terjual.

10. Flowing Hair Silver/ Copper Dollar (1794)

Flowing Hair Silver, menjadi uang koin kuno yang berada di posisi pertama. Sebab Flowing Hair Silver/ Copper Dollar menjadi uang kuno termahal di dunia.

0 Komentar