Tiga Alat Berat Terbakar, Kerugian 1 M

MEREBAK: Petugas berusaha memadamkan api yang menyebabkan kebakaran lahan dan hutan, di Dusun Nangtung, Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan, baru-baru ini.
MEREBAK: Petugas berusaha memadamkan api yang menyebabkan kebakaran lahan dan hutan, di Dusun Nangtung, Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres- Dua buah alat berat berupa satu unit Stum atau Tandem Toller dan satu unit Pneumatic Tyred Roller (PTR) yang digunakan untuk perbaikan jalan ludes terbakar, sekitar pukul 14.00 WIB, baru-baru ini.

Peristiwa kebakaran kedua alat berat terjadi di kawasan hutan Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang. Akibat kebakaran tersebut, pemilik alat berat mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp 1 Miliar lebih.

Pelaksana Lapangan, Jajang menjelaskan, kebakaran terjadi saat kedua unit alat berat berhenti beroperasi atau sedang libur. Sejumlah pekerja dan operator alat berat, berada jauh sekitar satu kilometer dari lokasi kebakaran.

Baca Juga:Komplotan Pencuri Tabung Gas Dibekuk PolisiUlama Jawa Barat Dukung Ridwan Kamil Menjadi Cawapres

“Kebetulan lagi off, istirahat. Tahu-tahu ada pemberitahuan dari pekerja, ini ada kebakaran. Untuk tiba di lokasi memakan waktu lumayan alat sudah habis (terbakar),” katanya.

Alat berat yang terbakar, lanjut Jajang, dioperasikan untuk memperbaiki ruas Jalan Cacaban-Pindingangin, merupakan jalan kabupaten, penghubung Desa Mekarasih Kecamatan Jatigede menuju Desa Cimanintin Kecamatan Jatinunggal.

“Ini penghotmikan jalan, kebetulan lokasinya di hutan. Dan hutan ini rawan kebakaran. Katanya sumber api jauh dari arah sana (hutan),” jelasnya.

Terpisah, Danru Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Darmaraja Galih mengatakan, kedua unit alat berat terbakar akibat rembetan kebakaran hutan yang luasnya mencapai satu hektare.

“Alhamdulilah sudah berhasil dipadamkan. Ini dari lahan langsung ke unit stum. Informasinya sedang libur, tidak ada sopir (operator alat berat) jadi tidak bisa dipindahkan,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Sumedang sepanjang Sabtu (30/9 kebakaran lahan dan hutan juga terjadi di beberapa lokasi di Kabupaten Sumedang. Seperti kebakaran hutan lahan di Dusun Cisema Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja.

Kemudian, kebakaran hutan dan lahan di Dusun Nangtung Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan. Ada juga kebakaran hutan dan lahan di Gunung Palasari Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Sumedang Selatan.

Baca Juga:PELATIHAN KADER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEWASPADAAN TERHADAP HIPERTENSIAntusias Warga Jelang Pemilu

Kebakaran juga terjadi di Blok Patambon Gunung Kareumbi Desa Cinanggerang Kecamatan Pamulihan dengan pemadaman memasuki hari ketiga. Serta, kebakaran lahan di Taman Seribu Cahaya Desa Cisema Kecamatan Cisitu.

“Saat ini petugas kami menyebar dan melakukan assesment kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sumedang yang terjadi pada Sabtu (30/9),” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno saat dihubungi Sumeks, baru-baru ini. (bim)

0 Komentar