Savero Karamiveta Dwipayana: Hindari Hoaks Bidang Kesehatan Sangat Krusial dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Kesehatan di Masyarakat

Trainer literasi digital dari ICT Watch, Savero Dwipayana menjelaskan pentingnya menjaga keamanan data pribadi
Trainer literasi digital dari ICT Watch, Savero Dwipayana menjelaskan pentingnya menjaga keamanan data pribadi
0 Komentar

“Hindari membagikan informasi kesehatan tanpa memverifikasinya terlebih dahulu. Menyebarkan hoaks hanya akan menyebabkan penyebaran informasi yang salah dan berpotensi merugikan orang lain. Untuk itu, pelajarilah ciri-ciri umum hoaks kesehatan, seperti klaim yang terlalu fantastis, sumber yang tidak jelas, atau tautan yang meragukan. Cek dan reevaluasi informasi yang mencurigakan,” ujar Savero menguraikan.

Langkah yang juga penting adalah meningkatkan pemahaman tentang topik-topik kesehatan dengan membaca sumber-sumber tepercaya dan mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia medis. Bagikan pengetahuan tentang cara mengenali hoaks kesehatan dengan teman, keluarga, dan rekan-rekan. Semakin banyak orang yang teredukasi, semakin sulit bagi hoaks untuk menyebar.

Dalam momen pelatihan ini juga, Savero menitipkan beberapa pesan terkait pentingnya memilah informasi terlebih berhati-hati terhadap hoaks. “Ingat, penting sekali bagi teman-teman untuk sabar sebelum sebar dan saring sebelum sharing. Informasi yang tersebar luas di media sosial terutama sangat berbahaya bila kita tidak kita pilah terlebih dahulu,” tambah Savero yang mengakhiri sesi materinya dengan permainan kelompok yang interaktif.

Baca Juga:Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Pengembangan Diri Aparatur Sipil Negara di Kantor Imigrasi Adalah Investasi Dalam Menjalan Tugas-Tugas Penting bagi NegaraAntisipasi  Kemarau Berkepanjangan, Pj Bupati: Kami Ikhtiar Secara Spiritual Menggelar Salat Istisqa

Penjelasan modul kebal hoaks dilanjutkan dengan workshop cara mengecek kebenaran informasi menggunakan WhatsApp Bot milik Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) yang dipandu Savero. Mereka juga menjelaskan berbagai alat bantu cek hoaks dapat dicek di https://s.id/cekhoaks.

Isu Sosial
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dian Probowati memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan. Ia menyampaikan pentingnya mengetahui masalah kesehatan yang relevan dengan usia remaja dan investasi kesehatan sedini mungkin.

“Masalah kesehatan seperti stunting dan penyakit tidak menular kini harus dicegah dari sedini mungkin termasuk saat usia remaja seperti teman-teman kader kesehatan remaja,” ungkap Dian.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dr. Intan Pandanwangi B, MM menyempatkan hadir di tengah sesi workshop untuk memberikan pengarahan singkat. Ia menitikberatkan bahaya isu sosial di masyarakat dan remaja, terutama terkait pernikahan muda dan merokok. “Saya sangat ingin mengikuti pelatihan seperti ini, karena komunikasi sangat penting dalam hal mempromosikan kesehatan,” ucapnya.

Partisipasi Aktif

0 Komentar