Savero Karamiveta Dwipayana: Hindari Hoaks Bidang Kesehatan Sangat Krusial dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Kesehatan di Masyarakat

Trainer literasi digital dari ICT Watch, Savero Dwipayana menjelaskan pentingnya menjaga keamanan data pribadi
Trainer literasi digital dari ICT Watch, Savero Dwipayana menjelaskan pentingnya menjaga keamanan data pribadi
0 Komentar

Savero Karamiveta Dwipayana: Hindari Hoaks Bidang Kesehatan Sangat Krusial dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Kesehatan di Masyarakat

sumedangekspres  -Direktur Keuangan dan Kemitraan Portal Kesehatan Masyarakat atau Portkesmas Savero Karamiveta Dwipayana menegaskan upaya menghindari hoaks di bidang kesehatan sangat penting. Hal ini karena informasi yang salah atau tidak akurat dapat berdampak negatif pada keputusan kesehatan individu dan masyarakat secara umum.

Hal tersebut disampaikan Savero yang juga trainer literasi digital dari ICT Watch pada kegiatan dengan tema “Workshop Komunikasi Antar Pribadi (KAP) dan Literasi Digital Kesehatan” yang digelar Senin 18 September 2023 di Kabupaten Temanggung.

Baca Juga:Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Pengembangan Diri Aparatur Sipil Negara di Kantor Imigrasi Adalah Investasi Dalam Menjalan Tugas-Tugas Penting bagi NegaraAntisipasi  Kemarau Berkepanjangan, Pj Bupati: Kami Ikhtiar Secara Spiritual Menggelar Salat Istisqa

Portal Kesehatan Masyarakat atau Portkesmas kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan tenaga promosi kesehatan, gizi, dan kader kesehatan remaja se-Kabupaten Temanggung setelah sebelumnya sukses menggelar aktivitas serupa di berbagai kota dan kabupaten di Tanah Air.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Portkesmas bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung yang didukung oleh Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Temanggung, serta mendapat dukungan pula dari Hotel Mercure Jakarta Cikini, Hotel Ibis Styles Jakarta Simatupang, dan baju jaga medis Theatre Blues.

Pelatihan ini dilakukan di Aula RSUD Kabupaten Temanggung. Dihadiri lebih dari 200 orang perwakilan tenaga promosi kesehatan Puskesmas dan kader kesehatan remaja.

Keterampilan komunikasi antarpribadi sangat penting bagi kader kesehatan karena mereka sering berinteraksi dengan pasien, keluarga pasien, rekan kerja, dan anggota tim kesehatan lainnya.

Menghindari Penyebaran Hoaks
Savero yang merupakan putra bungsu Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyodorkan beberapa langkah yang dapat membantu menghindari penyebaran dan percaya pada hoaks kesehatan.

“Pertama, selalu periksa sumber informasi sebelum membagikan atau mempercayainya. Gunakan situs web dan sumber yang terpercaya seperti lembaga kesehatan pemerintah, organisasi kesehatan dunia seperti WHO, atau situs web berita yang terkemuka,” kata Savero menegaskan soal Savero Karamiveta Dwipayana: Hindari Hoaks Bidang Kesehatan Sangat Krusial dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Kesehatan di Masyarakat.

Kemudian, ia mengatakan banyak hoaks kesehatan menyebar melalui media sosial. Pastikan untuk memeriksa keaslian informasi sebelum membagikannya dan jangan langsung percaya pada berita atau klaim yang tidak memiliki sumber yang jelas. Jika ragu tentang informasi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan ahli kesehatan atau dokter. Mereka dapat memberikan panduan yang akurat berdasarkan pengetahuan medis mereka.

0 Komentar