Pj Bupati Sumedang Sidak Damkar

PERIKSA: Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Drs. Herman Suryatman, M.Si inspeksi mendadak (Sidak) ke Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumedang, kemarin.
PERIKSA: Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Drs. Herman Suryatman, M.Si inspeksi mendadak (Sidak) ke Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumedang, kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres – Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Drs. Herman Suryatman, M.Si inspeksi mendadak (Sidak) ke Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumedang, Senin pagi (16/10). Pj Bupati mengecek secara detail peralatan Damkar yang ada, seperti mobil dan peralatan alat pendukung kesiapan personil hingga pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Ia juga meminta kepada staf mengoperasikan kendaraan untuk memastikan kesiapan mobil Damkar dalam menghadapi musibah kebakaran di musim kemarau saat ini.

“Saya ingin memastikan SOP yang ada, kondisi kendaraan dan kesiapan personil, karena bagaimana pun juga manajemen Damkar menentukan  profesionalitas penanganan damkar di Sumedang. Damkar Sumedang siap siaga 1×24 jam setiap harinya,” kata Pj.Bupati Herman.

Baca Juga:Api Hanguskan Lahan di CikahuripanBPD dan Anggota Diduga Palsukan Tandatangan

Dikatakannya, kondisi kendaraan pemadam kebakaran relatif memadai. Saat ini ada tujuh unit kendaraan pemadam  yang bisa dioperasikan.

“Ada tujuh kendaraan. Dua kendaraan baru hasil pengadaan tahun 2023, kemudian tiga tahun 2000-an dan dua unit kendaraan pengadaan tahun 1990-an kondisinya sudah tua tahun 90-an. Armada Damkar relatif memadai,” ungkapnya.

Menurut Herman, dalam  penanganan bencana kebakaran, Damkar  berkolaborasi dan bersinergi lintas instansi pemerintah maupun swasta.

“Tentu nanti sinergi dengan berbagai intansi di Kabupaten Sumedang seperti UNPAD, IPDN, CKJT serta perusahaan di kawasan industri Jatinangor-Cimanggung. Kami selalu berkoordinasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain kesiapan sarana prasarana, hal yang penting yang masih menjadi PR adalah mekanisme kerja dan SDM para pemadam kebakaran.

“Kepada masyarakat Sumedang apabila layanan Damkar belum optimal kami mohon maaf. Insyaallah dan kami selalu meningkatkan kualitas kerja dari Damkar. Penanganan bencana adalah hal yang prinsip dan harus dipersiapkan dengan baik,” katanya. (red)

 

0 Komentar